Monday, January 26, 2015

Menjaga Pola Makan Saat Hamil

Welcome To My Thread

klikdokter.com - Hamil bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya. Justru Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam mulut. Kendati Anda harus mengonsumsi 300 kalori lebih banyak, cobalah untuk tetap menjaga pola makan. Ingat: gizi yang baik dan seimbang akan memberikan dampak yang baik juga terhadap janin.

Jadi, bagaimana dan apa saja asupan nutrisi yang penting untuk ibu hamil? Berikut ini 7 tips yang dapat berguna untuk mendukung pola makan saat kalender kehamilan Anda:


  1. Pilih makanan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, pasta dan beras, serta buah-buahan dan sayuran.
  2. Pastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam menu harian.
  3. Makan empat porsi produk susu dan makanan yang kaya kalsium untuk mencukupi kebutuhan 1000-1300 mg kalsium dalam menu harian.
  4. Konsumsi tiga porsi makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, bayam, kacang-kacangan, dan sereal setiap hari untuk memastikan Anda memperoleh 27 mg zat besi setiap hari.
  5. Saat hamil, tubuh memerlukan 250 mikrogram yodium per hari untuk membantu memastikan otak dan sistem saraf perkembangan bayi. Anda bisa mendapatkannya dari keju, yoghurt, kentang panggang, salmon, dan udang.
  6. Jangan lupakan vitamin C dari sayur dan buah-buahan seperti jeruk, anggur, stroberi, melon, pepaya, brokoli, kembang kol, kubis, paprika hijau, tomat, dan sawi. Setiap ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C per hari.
  7. Pilih setidaknya satu sumber asam folat setiap hari, seperti sayuran berdaun hijau gelap dan kacang-kacangan (kacang lima, kacang hitam, kacang polong dan buncis). Setiap ibu hamil membutuhkan 0,4 mg asam folat per hari untuk membantu mencegah cacat tabung saraf atau neutral tube defect.


Sumber:http://www.klikdokter.com/healthnews...istem-kalender

Semoga Bermanfaat Menjaga Pola Makan Saat HamilMenjaga Pola Makan Saat Hamil

Blog Archive