Monday, January 12, 2015

Akankah Amien Rais Bernasib Sama Seperti Akbar Tandjung?

Akankah Amien Rais Bernasib Sama Seperti Akbar Tandjung?

Amien Rais dan Akbar Tandjung dianggap sebagai mahaguru di PAN dan Golkar. Akankah Amien yang tengah berupaya mengganjal laju Hatta Rajasa bernasib sama seperti Akbar Tandjung yang mulai tak dianggap?

Akbar Tandjung yang pernah menjadi Ketua Umum Golkar dan berjuang menyelamatkan Golkar di era reformasi kini seolah kehilangan kehormatan di Golkar. Akbar yang kini menjabat Ketua Wantim Golkar kubu Aburizal Bakrie tak dianggap dan ditolak menjadi juru runding perdamaian partai beringin.

"Kubu Agung Laksono akan menolak kalau Akbar Tandjung dikirim dari sana (Ical). Karena dia bagian dari konspirasi (Munas) Bali. Karena kami tidak ingin sosok Akbar Tandjung yang ngomong pagi tahu, sore tempe. Dia katakan Munas Bali tidak sah. Besok-besok dia katakan, Munas Bali yang sah," kata salah satu ketua DPP hasil Munas Jakarta, Leo Nababan, di Kantor DPP Golkar Slipi, Jakarta Barat, Selasa (16/12) lalu.

Akbar Tandjung yang menjabat Ketua Wantim Golkar memang memihak kubu Aburizal Bakrie. Setelah Aburizal Bakrie dinobatkan secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum Golkar di Munas Bali, Akbar dinobatkan kembali menjadi Ketua Wantim Golkar.

Situasi tak berbeda pada Amien Rais. Kongres PAN baru dihelat akhir Februari mendaatang, namun sang mahaguru sudah menyatakan dukungan ke Zulkifli Hasan. Tak hanya itu, dia bahkan meminta Hatta Rajasa untuk menyudahi kepemimpinan karena Amien ingin ketum PAN hanya menjabat satu periode saja.

Saat Amien mendorong regenerasi di tubuh PAN ini, isu santer sang anak, Hanafi Rais juga bakal dipasang menjadi Sekjen PAN. Citra Amien Rais di internal PAN pun mulai luntur seiring perlawanan sejumlah Ketua DPW PAN yang tak segan mendeklarasikan dukungan ke Hatta Rajasa. Namun Amien menampik itu sebagai klaim bohong semata.

"Nggak ada masalah (DPW dukung Hatta)‎. Setahu saya yang diklaim itu juga tidak betul," kata Amien merujuk pada deklarasi pendukung Hatta Rajasa pekan lalu yang digalang oleh DPW PAN Sultra dan NTT dan puluhan DPW lainnya. Hal itu disampaikan Amien saat mampir sejenak ke Gedung DPR, Senin (12/1/2015).

Amien pun berharap pada akhirnya nasihatnya didengar. Amien juga tak ingin PAN terpecah belah.

"Saya hanya sampaikan yang bagus buat PAN, tapi saya jamin PAN tidak akan retak," katanya menyampaikan optimismenya.

Lalu apakah Amien akan mengikuti jejak Akbar Tandjung yang mulai pudar kepemimpinannya di Golkar? detik.com

Blog Archive