Sunday, March 22, 2015

Menjulurkan Lidah Sebabkan Gigi Tonggos

Welcome To My Thread

klikdokter.com - Siapa yang memiliki kebiasaan menjulurkan lidah atau tongue thrusting? Tidak banyak yang mengetahui bahwa perilaku tersebut dapat mempengaruhi gigi, misalnya gigi depan atas yang bisa menjorok ke depan. Mengapa bisa demikian? Berikut penjelasannya menjulurkan lidah membuat gigi tonggos:

Kebiasaan tongue thrusting, yaitu suatu kebiasaan menjulurkan lidah ke depan dan menekan gigi-gigi seri pada waktu istirahat, selama berbicara atau menelan. Adanya kebiasaan menjulurkan lidah ke depan ini memungkinkan terjadinya ketidakseimbangan otot-otot di sekitar lengkung gigi dan otot-otot mulut, sehingga dapat mempengaruhi posisi gigi. Gigi depan atas akan menjorok ke depan dan terjadi gigitan terbuka. Dan apabila menekan lidah ke pipi sambil menggigitnya maka dapat menyebabkan gigi belakang menjadi miring ke arah dalam.

Dari teori keseimbangan, tekanan lidah yang ringan tetapi berlangsung lama pada gigi dapat menyebabkan adanya perubahan letak gigi dan menghasilkan efek yang nyata. Dorongan lidah yang hanya sebentar tidak akan menghasilkan perubahan pada letak gigi. Tekanan lidah pada penelanan yang tidak benar hanya berlangsung kira-kira 1 detik. Penelanan secara ini hanya terjadi kurang lebih 800 kali pada saat seseorang terjaga dan hanya sedikit pada waktu tidur sehingga sehari hanya kurang dari 1000 kali.


Sumber:http://klikdokter.com/rubrikspesiali...i-bisa-tonggos



Semoga Bermanfaat :peace::peace:

Blog Archive