Thursday, March 19, 2015

Pantau Terus Aktivitas Olahragamu dengan Mi Band

Tahun lalu Xiaomi menjadi fenomena karena merilis berbagai smartphone yang spesifikasinya mirip dengan smartphone high end dengan harga setengah dari smartphone high end tersebut. Tahun ini Xiaomi mulai melebarkan sayapnya dengan merilis berbagai aksesoris pendukung smartphone seperti headphone, miband, powerbank maupun perangkat elektronik pintar seperti smart TV dan pemurni udara. Sayangnya beragam aksesoris tersebut sangat sulit untuk didapatkan di Indonesia. Salah satu yang cukup mudah didapatkan di Indonesia adalah power bank dan Mi Band. Karena saya sudah punya powerbank akhirnya saya putuskan untuk meminang Mi Band.

Xiaomi_Miband2.jpg

Melihat dari bentuknya yang amat sederhana agak sulit memang menebak fungsi Mi Band karena memang Mi Band sendiri belum terlalu familiar di Indonesia karena belum dirilis secara resmi. Mi Band sebenarnya adalah gelang untuk memonitor olahraga yang kita lakukan seperti jogging. Berhubung lomba lari sedang ngetren sekarang ini saya rasa Mi Band amat berguna bagi orang yang suka berolahraga.

Xiaomi_Miband.jpg

Design yang amat simpel karena tidak ada tombol apapun yang bisa ditekan pada Mi Band dan dilengkapi juga dengan karet gelang yang bisa diganti-ganti. Hebatnya Mi Band diklaim tahan dengan percikan air karena Mi Band telah mendapat sertifikat IP-67 sehingga Mi Band bisa kita bawa mandi. Sayangnya berhubung gelangnya berbahan karet sudah tentu tidak enak dipakai bila dalam kondisi basah. Cara menggunakan Mi Band cukup mudah karena Mi Band hanya dilengkapi dengan tiga lampu indikator pada layarnya. Bila target yang kita tentukan sudah tercapai maka lampu indikator akan menyala semua. Sebagai contoh saya menset target latihan 10000 langkah, bila saya sudah berjalan sekitar 7000 langkah maka lampu indikator akan menyala sebanyak 2 menandakan saya sudah 2/3 dari target latihan. Bila saya sudah berjalan 10000 langkah yang artinya memenuhi target, maka Mi Band akan bergetar dengan sendirinya.

Xiaomi_Miband1.jpg

Sudah tentu untuk menset target kita harus menginstall aplikasi pada smartphone kita. Aplikasinya sangat simple hanya menunjukkan sudah berapa langkah yang kita lakukan hari ini dan berapa lama tidur kita. Kita juga dapat mengeset lama tidur kita dan Mi Band agar bergetar untuk membangunkan kita. Yang saya suka dari Mi Band adalah Mi Band juga dapat digunakan untuk unlock smartphone kita tanpa perlu mengetikkan password. Sudah tentu smartphonenya harus dari Xiaomi untuk menggunakan fitur ini. Yang harus diperhatikan adalah tidak semua smartphone dapat menggunakan Mi Band karena Mi Band hanya support pada smartphone Android Kitkat 4.4 keatas.

Yang paling istimewa dari Mi Band adalah daya tahan baterainya yang mampu mencapai 30 hari. Rata-rata saingan Mi Band baterainya hanya mencapai 1 minggu sebelum harus dicharge. Cara mencharge Mi Band juga mudah, kita lepas Mi Band dari karet gelangnya kemudian melakukan charge dengan memanfaatkan USB pada PC atau laptop. Mi Band harganya lumayan terjangkau sekitar 200 ribuan yang bisa lebih murah lagi kalau Mi Band resmi masuk Indonesia. Memang karet gelangnya terkesan tidak eksklusif, tetapi manfaat pada Mi Band jauh lebih penting dari penampilannya. Kalau ingin hidup sehat harus banyak berolahraga dan Mi Band sangat bagus digunakan untuk memonitor olahraga kita. Mi Band Sangat cocok dimiliki bagi yang suka dan mulai suka berolahraga.

sumber: sukareview

baca juga Redmi 1S, murah tapi jempolan

baca juga Redmi Note, Monster Octacore dari Xiaomi

Blog Archive