Wednesday, March 4, 2015

Pasar Masih Nantikan Arahan, Harga Emas Ditutup Melemah

Pasar Masih Nantikan Arahan, Harga Emas Ditutup Melemah

Harga emas di akhir perdagangan Rabu dini hari mengalami penutupan melemah lanjutan (4/3). Harga emas melempem meskipun dollar yang bergerak melemah terhadap rival-rivalnya membatasi penurunan harga komoditas tersebut. Harga emas sempat terpukul ke bawah level 1200 dollar per troy ons.

Ekspektasi kenaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat tampaknya akan membatasi kenaikan harga emas dalam jangka pendek dan akan menjaga harga komoditas tersebut di bawah level 2 minggu tertinggi yang ada di 1223,20 dollar.

Dollar mengalami penurunan setelah mencapai level tertinggi dalam 11 tahun belakangan terhadap rival-rivalnya. Para pelaku pasar masih menantikan rilis data Non Farm Payrolls Amerika Serikat yang akan diumumkan Jumat malam.

Harga emas spot pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1203,40 dollar per troy ons. Harga emas spot mengalami penurunan sebesar 3,15 dollar atau setara dengan 0,29 persen. Harga emas spot sempat mengalami pelemahan ke level terendah harian 1195,20 dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 24 Februari lalu.

Harga emas berjangka Comex pada penutupan perdagangan dini hari tadi juga tampak mengalami penurunan. Harga emas berjangka untuk kontrak April berakhir pada posisi 1204,40 dollar per troy ons, mengalami pelemahan sebesar 3,8 dollar atau 3 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG akan cenderung naik terbatas pada perdagangan di Asia hari ini. Para investor berusaha untuk mencari arahan perdagangan dan hari ini akan menantikan pidato Janet Yellen yang akan dilakukan pagi ini waktu Asia.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1223 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1230 dollar. Sedangkan jika terjadi retreat melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1200 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan ke posisi 1190 dollar.


sumber

Blog Archive