Tuesday, March 3, 2015

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)

Sejak lama, dunia perfilman dunia sudah dihebohkan dengan sejumlah film yang mendapatkan pelarangan tayang di sejumlah negara. Film-film itu dilarang tayang dengan alasan menyalahi moral masyarakat. Kebanyakan dari Benua Eropa, film-film itu memuat konten sadis, menjijikkan dan penghinaan tanpa mempertimbangkan moral.

Walaupun akhirnya, ada juga yang ditayangkan secara resmi setelah bertahun-tahun. Dan beberapa lagi masih belum bisa dinikmati sampai hari ini. Film apa saja itu? Berikut nama-namanya.

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)

1. Cannibal Ferox (1981)

Film produksi Italia, 'Cannibal Ferox' adalah film yang mendapat gelar 'The Most Violent Film Ever Made'. Dibuat tahun 1981, 'Cannibal Ferox' mendapat kecaman langsung di 31 negara dan tidak boleh tayang. Walaupun akhirnya, Inggris menayangkan film arahan Umberto Lenzi itu setelah enam bulan tanggal penayangannya. Itu pun sudah lebih dulu disensor selama enam menit.

'Cannibal Ferox' dibintangi oleh tiga pemeran utama John Morghen, Lorraine De Selle, Bryan Redford dan Zora Kerowa. Menceritakan tentang seorang pengedar narkoba yang melarikan diri ke hutan setelah ada masalah di New York, Amerika Serikat. Sampai hutan, dia bertemu dengan tim peneliti yang ingin menyelidiki keberadaan masyarakat kanibal.

Di sana lah seluruh adegan menjijikkan itu terjadi. Pemotongan organ tubuh secara sadis sampai memakan otak manusia hadir sepanjang film. Bahkan, sejumlah pihak menyebut 'Cannibal Ferox' adalah film yang jauh lebih tidak moral dari binatang.

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)


2. South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)

Bukan tentang darah dan hal sadis lainnya, malah film yang satu ini merupakan film animasi musikal. Film berikutnya adalah berjudul 'South Park: Bigger, Longer & Uncut' yang dilarang tayang di 16 negara, termasuk Indonesia, Saudi Arabia dan Vatikan.

Alasannya adalah film ciptaan Matt Stone dan Trey Parker itu mengangkat unsur komedi satir akan kebebasan berpendapat dan sensor. BErangkat dari serial televisi berjudul 'South Park', film animasi itu secara keras menyindir Disney dengan segala cerita 'Beauty and the Beast' dan 'The Little Mermaid'.

Belum lagi sindiran-sindiran terhadap film dengan rating dewasa yang seharusnya bisa ditonton banyak orang. Parahnya lagi, 'South Park: Bigger, Longer & Uncut' juga mengambil sisi politik, seperti menggambarkan Saddam Hussein sebagai setan yang homoseksual sampai memicu keributan antara Amerika Serikat dan Kanada.

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)


3. Cannibal Holocaust (1980)

Banyak yang mengatakan bahwa film 'Cannibal Holocaust' yang ditayangkan tahun 1980 merupakan cikal bakal film sejenis di masa depan. Film asal Italia itu juga merupakan inspirasi dari film tersadis yang pernah dibuat sepanjang sejarah, 'Cannibal Ferox (1981)'. 'Cannibal Holocaust' disutradarai oleh Ruggero Deodato dan mendapatkan pelarangan di banyak negara termasuk Italia sendiri.

Setelah penayangan perdananya, 'Cannibal Holocaust' dituntut oleh hukum dengan berbagai tuduhan kekerasan. Sampai-sampai ada yang mengatakan sejumlah kru film pun ikut terbunuh saat proses pengambilan gambar.

Semua jenis kegiatan brutal yang pernah dipikirkan manusia kabarnya hadir di 'Cannibal Holocaust'. organ tubuh yang dipotong, manusia yang ditusuk dari alat kelamin sampai mulut serta hal-hal menjijikkan lain tersaji rapi.

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)


4. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Setidaknya ada 10 negara yang menolak penayangan 'The Texas Chainsaw Massacre' ketika dijadwalkan tahun 1974 silam. Di antaranya Finlandia, Inggris, Cili, Islandia, Irlandia dan Singapura.

Mendapat predikat film slasher, 'The Texas Chainsaw Massacre' sukses membuat penonton muntah karena jijik dan mati ketakutan. Segala perkakas pekerjaan kasar diubah menjadi senjata pembunuh di film ini.

Padahal, 'The Texas Chainsaw Massacre' merupakan karya debut sutradara Tobe Hooper. Hampir semua yang menonton setuju kalau film tersebut berhasil menyajikan teror berdarah yang tidak henti-henti. Karakter pembunuh berwajah aneh dengan gergaji mesinnya itu bahkan menjadi ikon untuk banyak kejahatan di dunia.

10 Film yang Dilarang Tayang Karena Alasan Moral (1)


5. The Exorcist (1973)

Disebut-sebut sebagai kisah nyata, film 'The Exorcist' merupakan film yang diganjar gelar 'The Scariest Film of All Time' oleh banyak pengamat. Di tahun penayangannya, 1973, film ini mendapat respon mengerikan di negara yang menayangkan. Orang-orang tidak tahan dan berlarian ke luar bioskop, beberapa di antaranya berteriak keras.

Di daratan Inggris, 'The Exorcist' dilarang tayang dalam waktu yang sangat lama. Menunggu kepala badan sensor berganti, barulah 'The Exorcist' diputar di bioskop dan dirilis dalam bentuk Video Compact Disc (VCD).

Alasannya adalah 'The Exorcist' menyajikan kekejian terhadap agama Katolik. Perempuan muda yang kesurupan itu dengan lantang menghina Katolik sampai-sampai melakukan masturbasi dengan Salib. Kata-kata kotor dan adegan menjijikkan juga hadir di film arahan William Friedkin tersebut. detik.com

Blog Archive