Thursday, March 5, 2015

Samsung Galaxy S6 Series Ungguli Pesaingnya Soal Kecepatan Memori

Perangkat Smartphone Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge hadir dengan berbagai teknologi terbaru yang tidak kalah canggihnya dengan pendahulunya, salah satunya adalah penggunaan UFS 2.0 pada memori yang digunakan oleh kedua perangkat tersebut. Teknologi UFS 2.0 ini diklaim memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya yaitu memori eMMC 5.0 yang digunakan pada perangkat perangkat Smartphone pada umumnya. Dan nampaknya pernyataan tersebut memang benar adanya, hal ini terlihat dari hasil benchmark yang dilakukan oleh Phone Arena beberapa waktu yang lalu.

Samsung Galaxy S6 Series Ungguli Pesaingnya Soal Kecepatan Memori
Samsung Galaxy S6 Series Ungguli Pesaingnya Soal Kecepatan Memori
Uji Benchmark kedua perangkat Samsung Galaxy S6 Series ini dilakukan menggunakan Androbench, dan dari hasil uji tersebut terlihat jika memori UFS 2.0 yang digunakan oleh kedua perangkat terbaru dari Samsung tersebut unggul jauh dari Smartphone flagship Android lainnya seperti Sony Xperia Z3, LG G3, dan HTC One M8. Rata- rata kinerja dari memori UFS 2.0 ini dapat unggul 2 kali lipat dari kinerja memori eMMC yang digunakan oleh perangkat lainnya.

Memori eMMC 5.1 memiliki kecepatan transfer data hingga 250 MBps (Read) dan 125 MBps (Write). Sementara itu memori UFS 2.0 HS- G2 memiliki kecepatan transfer data hingga 725 MBps dan bahkan untuk memori UFS 2.0 HS-G3 mampu mencapai kecepatan transfer data hingga 1.45 GBps. Teknologi UFS ini pun dapat memungkinkan proses Read and Write memori secara simultan, dan mampu menerapkan prioritas atas perintah yang diterima agar dapat dieksekusi lebih cepat.

Memiliki kelebihan dalam tingkat kecepatan transfer data, teknologi UFS bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Teknologi ini memiliki kelemahan dalam proses pengambilan daya, teknologi ini membutuhkan daya yang lebih banyak. Namun teknologi ini dapat mengkompensasinya dengan cara tidur: lebih cepat setelah tugas yang dikerjakan selesai. Selain itu teknologi UFS 2.0 ini pun memiliki kelemahan pada sisi harga, memiliki harga yang lebih mahal sehingga teknologi ini baru bisa diterapkan pada perangkat perangkat Smartphone atau Gadget flagship saja dan tentu anda pun harus merogoh kocek sedikit lebih dalam karena harga Smartphone atau Gadget yang menggunakan teknologi ini pasti lebih mahal dari biasanya.

Sumber : http://kliknklik.com/blogs/samsung-g...epatan-memori/

Blog Archive