Tuesday, February 17, 2015

Sambil Makan-makan, Jokowi Evaluasi Para Menterinya

Udara bogor yang dingin, tidak terlalu terasa di kawasan Istana Bogor malam ini. Suasana hangat dan ramai karena hadirnya seluruh jajaran kabinet kerja presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Suasana hangat juga dikarenakan situasi negara yang sedikit bergejolak, pasca diterimanya permohonan praperadilan Komisaris Jenderal (Komjen) pol Budi Gunawan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Bahkan, pasca putusan itu Budi dikabarkan sempat bertatap muka dengan Jokowi di tempat ini.

Malam hari ini, Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna, dengan suasana yang santai diselingi makan malam bersama. Sidang kabinet paripurna kali ini memang perdana dilakukan di Istana Bogor.

Meski dikatakan santai dan penuh kehangatan materi sidang kabinet kali ini tidak dibilang sederhana, yaitu evaluasi 100 hari kabinet kerja oleh Jokowi. "Malam ini sedikit nanti kita evaluasi dan beberapa hal berkaitan dengan struktur pemerintahan," ujar Jokowi, dalam pidato pembukanya, Senin (16/2) di Istana Bogor.

Beberapa hal menjadi perhatian Jokowi terkait kinerja para pembantunya, mulai dari cara komunikasi publik ataupun komunikasi politik hingga koordinasi dan komunikasi antar Kementerian/Lembaga (K/L). Selama 100 hari pertama, Jokowi memandang pemerintahannya masih beradaptasi.

Ia beralasan hampir sebagian besar atau sekitar 78% menteri-menteri pilihannya, muka baru di pemerintahan. Sayang, tidak banyak kesempatan bagi awak media untuk mendengarkan penilaian Jokowi terhadap menterinya. Karena, materi rapat tertutup bagi wartawan.

Sumber

Jadi ngiler....

Blog Archive