Thursday, March 12, 2015

Fenomena Air Sungai Temanggung Menjadi Putih Susu

Warga di Dusun Caturanom, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung dihebohkan dengan fenomena aneh yang terjadi di Sungai Brangkongan, Selasa sore kemarin (10/03/2015) .

Fenomena Air Sungai Temanggung Menjadi Putih Susu
Warga setempat melihat air sungai Brangkongan yang mengalir di desa setempat tiba-tiba berubah warna jadi putih susu dan seperti berbusa, padahal air sungai itu biasanya sangat jernih sebab masih dekat dengan kawasan pegunungan.

Kejadian ini sangat unik dan baru kali pertama terjadi. Penasaran dengan kejadian tak biasa di sungai tersebut, warga lekas berbondong-bondong datang ke sungai untuk meyaksikan sekaligus membuktikan secara langsung kabar yang cepat menyebar dari media sosial.

Beberapa spekulasi pun mulai muncul apa yang menjadi penyebab sungai berubah warna, termasuk dugaan pencemaran lingkungan sebab limbah pabrik.

Namun setelah warga dan perangkat desa melakukan penyelidikan lebih dalam, ditemukan jawaban dari pihak pabrik yang mengungkapkan bahwa cairan warna putih seperti susu itu bukan limbah pabrik.

Pihak Pabrik mengakui cairan itu dari usahanya saat pabrik mengalami kebakaran dengan skala kecil dan harus dipadamkan dengan bantuan pemadam kebakaran.

"Pabrik sempat mengalami kebakaran kecil. Dan yang mengalir di sungai itu adalah cairan pemadam kebakaran yang meluap melebihi kapasitas tampungannya," kata salah seorang perangkat Desa Caturanom, Catgawen, Parakan.

Perangkat Desa yang tak mau disebutkan namanya itu mengungkapkan, dampak paling nyata yang timbul adalah banyak ikan-ikan yang mati, karenanya ada beberapa kelompok penebar ikan yang merasa dirugikan dengan ini.

Untuk bertanggungjawab atas kejadian ini, pihak pabrik sendiri sudah memberikan ganti rugi sebesar Ro20 juta. Pihak pabrik sudah minta maaf kepada warga yang merasa dirugikan dengan kejadian ini. Dan warga juga berharap agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di waktu mendatang.

sumber
Spoiler: tribunnews.com

Blog Archive