Tuesday, February 17, 2015

Hal-Hal Ini Bisa Sebabkan Kemandulan

Hal-Hal Ini Bisa Sebabkan Kemandulan

Kemandulan yang dialami pria bisa disebabkan banyak hal. Selain karena gaya hidup tidak sehat, kecacatan fisik tertentu dapat menyebabkan kemandulan.

Menurut penelitian, setiap lima pasangan yang menghadapi masalah kesuburan dan tidak bisa punya anak, satu pasangan bermasalah dengan kondisi pasangan laki-laki.

Berikut adalah sedikit dari alasan yang menyebabkan kesuburan pria, sebagaimana dilansir dari Timesofindia, Selasa (17/2/2015).

Kencing manis

Diabetes, atau yang dikenal juga dengan istilah kencing manis, telah ditemukan memiliki efek pada kualitas sperma. Kelebihan gula dalam darah adalah salah satu faktor yang menghambat kesuburan pria.

Operasi atau cedera

Trauma serius pada testis dapat memengaruhi produksi sperma dan kemungkinan menyebabkan kemandulan. Cedera akibat olahraga atau kecelakaan bisa memecah pembuluh yang memasok darah ke testis. Selain itu, operasi untuk memperbaiki testis yang tidak turun, atau memperbaiki hernia, dapat menyebabkan kerusakan pada kemampuan menghasilkan sperma.

Kelainan fisik

Pada sejumlah kecil pria, cairan vagina mungkin tidak dapat menangkap sperma selama hubungan seksual. Hal ini mungkin disebabkan oleh penyumbatan atau malformasi dari vas deferens atau saluran kencing epidydimis, yang mencegah sperma dapat menyatu dengan cairan lain, termasuk untuk membuat air mani.

Terlalu banyak stres dan kelelahan

Terlalu banyak pekerjaan, kecemasan, dan terlalu banyak minuman beralkohol memiliki efek negatif pada libido. Sampai saat ini, sebagian besar kasus impotensi dianggap psikologis. Tapi ada bukti lain meningkat dan menunjukkan bahwa hal ini tidak selalu terjadi. (Okezone)

Blog Archive