Tuesday, February 17, 2015

Trik Bedakan Bakso Daging Sapi dengan Daging Babi

Trik Bedakan Bakso Daging Sapi dengan Daging Babi

Pabrik yang memproduksi makanan dengan bahan berbahaya digerebek petugas di Bandung, Jawa Barat pekan lalu. Setelah saus, kini giliran pabrik bakso yang menggunakan daging celeng atau daging babi. Sebenarnya bagaimana membedakan antara bakso yang terbuat dari daging sapi dengan daging celeng?

Bagi Anda pecinta bakso, ada baiknya mengenali beberapa cara agar terhindar dari mengkonsumsi bakso daging babi.

Dari berbagai sumber, Senin (16/2/2015), Okezone berhasil merangkum beberapa cara untuk mengetahui perbedaan antara bakso daging sapi dan bakso daging celeng.

Aroma

Daging babi lebih banyak lemaknya sehingga menimbulkan aroma lemak yang tajam dibandingkan sapi. Jadi jangan ragu mencium daging bakso sebelum menelannya bulat-bulat.

Warna

Bakso babi dan sapi nyaris sama, tetapi jika dipotong, warna bakso babi lebih pucat dibandingkan sapi yang merah kecoklatan.

Tekstur

Bakso babi memiliki tekstur yang lebih halus, lembut, dan berminyak. Berbeda dengan bakso sapi yang bertekstur kesat, nyaris kering, dan berurat.

Ukuran

Bakso babi lebih besar dibandingkan bakso sapi karena teksturnya lembut dan cenderung dibuat dengan ukuran besar. Bakso babi akan mudah hancur saat direbus, jika dibuat dalam ukuran yang lebih kecil.

Harga

Bakso babi umumnya lebih murah ketimbang harga bakso sapi. Jadi Anda harus waspada jika seporsi bakso dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak, tapi dihargai sangat murah. (OKezone)

Blog Archive