Thursday, February 12, 2015

Hati-hati, Empat Benda Ini Ternyata Dipenuhi Kuman

Hati-hati, Empat Benda Ini Ternyata Dipenuhi Kuman
Kuman memang ada di mana-mana, di tangan, sepatu, bahkan di dalam mobil. Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, kebanyakan bakteri, virus, dan mikroorganisme lain bisa menimbulkan kondisi yang lumayan menganggu semisal alergi, sakit perut, atau iritasi pada kulit. Kuman-kuman tersebut bukan hanya ada di tempat-tempat yang sudah jelas kotor seperti toilet dan lantai, tapi juga banyak terdapat pada benda-benda yang selalu kita sentuh hampir setiap saat. Di mana sajakah itu?

1. Keyboard komputer
Saat menyentuh keyboard, Anda juga akan mentransfer sel kulit mati dan bakteri yang menempel pada tangan setelah dari toilet. Bayangkan saja setalah itu Anda menyentuh kue atau makanan lain sehingga berisiko sakit perut. Untuk itu, rajinlah mencuci tangan setelah dari toilet guna meminimalisasi paparan bakteri jahat.

2. Ponsel
Kita selalu menggenggam ponsel kapanpun dan dimana pun, tapi seberapa seringkah ponsel dibersihkan? Nyatanya ponsel bisa membawa bakteri semacam E. coli yang menganggu

3. Handuk
Salah satu benda yang bisa menjadi sumber penyebaran penyakit di rumah adalah handuk. Kondisi handuk yang lembap menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Maka itu, jangan pernah berbagi handuk dengan siapa pun. Dan, cuci handuk seminggu sekali.

4. Lap dapur
Setelah dipakai untuk membersihkan meja, panci, dan sebagainya, dipastikan lap akan dipenuhi berbagai bakteri termasuk E.coli, salmonella, MRSA, dan virus flu. Lap dapur bisa dikatakan adalah benda paling kotor di rumah. Untuk itu, lap harus dicuci secara teratur menggunakan air panas.

Blog Archive