Tuesday, March 3, 2015

"Turunkan Susi...!"

Selasa, 03/03/2015 12:44 WIB
Demo Ribuan Nelayan di Batang Rusuh, Lalin Pantura Sempat Lumpuh
Robby Bernardi - detikNews

Batang - Ribuan nelayan di Batang, Jawa Tengah, turun ke jalan. Mereka memprotes pelarangan penggunaan kapal cantrang. Pantura sempat lumpuh, karena aksi berlangsung rusuh.

Massa mulai memenuhi jalan utama pantura pada pukul 09.00 WIB, Selasa (3/3/2015). Mereka membakar tali kapal dan ban di dua ruas jalan. Akibatnya, lalu lintas macet.

Salah satu nelayan, Casroli (60), mengatakan, nelayan minta pemerintah mencabut larangan penggunaan kapal cantrang. "Kami minta Menteri Susi mencabut perturannya. Kami nggak bisa makan, turunkan susi, membuat kami susah," katanya.

Saat kepolisian datang, massa emosi. Mereka enggan diminta minggir. Aksi pun rusuh. Massa merusak median jalan dan melemparkannya ke tengah jalan. Batu beterbangan ke arah personel polisi. Beberapa personel polisi terluka.

Kerumunan massa pecah setelah polisi menembakkan gas air mata. Karena terdesak, massa membubarkan diri. Beberapa nelayan diamankan karena dianggap sebagai provokator.

Kapolres Batang AKBP Widiatmoko menjelaskan unjuk rasa nelayan telah mengganggu ketertiban umum. Arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif gara-gara aksi tersebut. "Mereka belum meminta izin atau bahkan pemberitahuan pada kami," katanya.

Siang ini, polisi melakukan sweeping nelayan yang masih berada di jalur pantura. Belum ada keterangan resmi jumlah korban akibat aksi ini. Polisi dan aparat TNI serta warga membersihkan jalur pantura dari puing-puing batu dan median pemisah jalur yang rusak.

http://news.detik.com/read/2015/03/0...puh?n991101605

yang minta Susi turun itu nelayan .....


:cool001:

Blog Archive