Monday, April 13, 2015

Karet Tocom Awal Pekan Dibuka Menguat, Impor Tiongkok Batasi

Karet Tocom Awal Pekan Dibuka Menguat, Impor Tiongkok Batasi


Perdagangan karet dunia di bursa komoditi Tocom dibuka menguat melanjutkan harga perdagangan akhir pekan lalu yang di topang oleh penguatan harga minyak mentah dan juga pelemahan Yen. Namun perdagangan awal pekan ini kembali diperkuat oleh naiknya harga minyak mentah dunia.

Harga minyak mentah disesi Asia pagi ini kembali meningkat melanjutkan kenaikan signifikan akhir pekan lalu oleh pandangan pasar yang positif terhadap negoisasi nuklir Iran sehingga harga minyak yang merupakan bahan dari produk karet sitetis atau substitusi produk karet alami melanjutkan penguatan.

Harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa Tocom hari ini (9/4) yaitu kontrak bulan September 2015 dibuka menguat pada harga 198 yen atau naik 2 yen dari penutupan sebelumnya 196 yen. Namun perdagangan selanjutnya harga cenderung terkoreksi oleh rilis data perdagangan luar negeri Tiongkok.

Rilis neraca perdagangan Tiongkok menunjukkan alami penurunan surplus dan juga penurunan impor, impor Tingkok untuk Maret dilaporkan anjlok cukup signifikan yang turun hingga 12 persen dari data perdagangan bulan sebelumnya. Karenanya analyst Vibiz Research Center memprediksi harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi melanjutkan penguatan namun terbatas oleh data impor Tiongkok ini dan juga potensi penguatan Yen.

Dan secara teknikal perdagangan hari ini, karet berpotensi mendapatkan resisten terdekat di kisaran 200.0 yen dan dan 202.0 yen. Namun jika berbalik arah akan menemui support pada kisaran harga 195.0 dan 193.50 yen.

Blog Archive