Thursday, January 22, 2015

Susu Terbaik Untuk Ibu Hamil

Susu Terbaik Untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, tubuh ibu hamil akan membutuhkan kalsium dan kebutuhan nutrisi lainnya. Salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan minum susu. Namun, bagi ibu hamil tak boleh minum sembarangan susu, dan takaran susu yang diminum pun harus mendapat perhatian.
Jika dilihat dari kebutuhan nutrisi berupa protein, maka ibu hamil memerlukan kira-kira sebanyak 72 gram per hari, selain itu susu juga harus yang fresh dan memiliki kualitas bagus, tidak boleh dipilih sembarangan. Susu berkualitas bagus juga memiliki arti susu tersebut harus memiliki kandungan 8 macam asam amino yang memang diperlukan tubuh manusia dari keseluruhan 20 macam asam amino. Susu juga termasuk minuman yang memiliki kandungan protein prima. Mari baca selengkapnya.


Kandungan dari susu
Jika hendak minum susu, kandungan susu tersebut harus mendapat perhatian, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, susu yang dipilih juga harus disesuaikan dengan waktu kehamilan. Contohnya saja jika kehamilan pada trimester pertama, maka susu yang disarankan untuk diminum adalah yang banyak memiliki kandungan vitamin B6.



Karena berguna dalam membantu menyembuhkan morning sickness, yang banyak terjadi kala trimester pertama kehamilan. Susu juga harus mengandung asam folat serta kandungan DHA, sebab di masa kehamilan awal, janin akan memerlukan nutrisi itu dalam pembentukan otak dan saraf, ini supaya bayi menjadi cerdas. Jika Anda tak ingin repot, Anda dapat membeli susu kemasan yang memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil.


Sementara itu, untuk masa kehamilan trimester kedua dan juga ketiga, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Zat besi ini dibutuhkan supaya ibu hamil tak terkena masalah amnesia, juga menghindari masalah bayi lahir dengan berat badan rendah, dan menghindari bayi lahir prematur. Kandungan lainnya yang juga tidak boleh luput dari perhatian yakni FOS atau Fruktooligosakarida, FOS ini memiliki fungsi untuk menghindarkan ibu hamil dari masalah konstipasi, dan yang terakhir adalah kandungan kalsium.


Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan gigi dan tulang dari janin, serta mencegah masalah osteoporosis menyerang ibu hamil, sebab ketika masa kehamilan, janin akan mengambil zat kalsium dari persediaan tubuh sang ibu kandung.


Nutrisi susu dari makanan lain
Jika ibu hamil tak mendapatkan susu yang dibutuhkan, maka sebenarnya ada alternatif lain. Yakni dengan cara konsumsi makanan lain yang memiliki nutrisi serupa. Contohnya saja protein susu, itu dapat Anda gantikan dengan menggunakan protein hewani, ataupun protein nabati, walaupun memang jumlah yang dikonsumsi tentu saja harus lebih banyak dibandingkan minum susu.

Sumber : Susu Terbaik Untuk Ibu Hamil

Blog Archive