Wednesday, February 11, 2015

10 Cara Jaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

10 Cara Jaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

Mata menjadi indera terpenting dalam keseharian kita, terutama bagi sebagian orang yang menghabiskan waktu di depan layar komputer. Kesehatan mata kerap kurang disadari, sehingga mengakibatkan pengguna komputer menderita gejala computer vision syndrome (CVS).

Menurut sebuah penelitian, lama duduk di depan layar mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Sekira 70 persen pengguna komputer meninggalkan pekerjaan dikarenakan menderita gejala CVS.

Perlu diketahui, mata kita perlu istirahat dan berkedip secara teratur. Seorang profesor dari Vision Clinic di London bernama Reinstein mengatakan, “Ketika kita menggunakan komputer dalam waktu lama, kita hanya berkedip sekitar empat sampai tujuh kali dalam semenit. Sedangkan yang baik adalah sekitar 18 sampai 20 kali per menit. Hal ini menyebabkan mata kering dan penghilatan kabur.”

Gejala umum dari CVS antara lain, termasuk mata merah, otot mata jadi tegang, penglihatan ganda, sakit kepala, dan kesulitan mata untuk fokus pada suatu objek. Seperti yang dilansir dari Timesofindia, Senin (9/2/2015), Reinstein memberikan beberapa tips untuk mencegah CVS dan menjaga mata kita agar tetap sehat.

1. Istirahatkan sejenak mata Anda setidaknya satu jam sekali dan pastikan Anda bergerak.

2. Buat posisi Anda tidak terlalu dekat dengan layar komputer.

3. Sering kedipkan mata Anda secara teratur.

4. Optimalkan sudut, ketinggian, dan jarak layar Anda. Hal ini dikarenakan layar Anda dapat meningkatkan ketegangan otot yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam melihat.

5. Sadari bahwa faktor lingkungan seperti AC dan kipas dapat memperburuk gejala mata kering pada CVS.

6. Jika Anda pengguna kontak lensa dan hal tersebut membuat mata jadi terasa kering, maka hindarilah saat menggunakan komputer. Biasanya, sebagian besar penderita CVS adalah pengguna kontak lensa, dan menurut Vision Clinic London, pasien yang menjalani operasi laser mata, tidak bisa lagi menggunakan kontak lensa untuk beraktivitas menggunakan komputer dalam jangka panjang.

7. Konsumsi air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi.

8. Hindari cahaya berlebihan dari jendela dan lampu.

9. Pastikan layar komputer Anda dalam keadaan jelas.

10. Dan hal terpenting, lakukan pemeriksaan mata ke dokter untuk memantau kesehatan mata Anda. (Okezone)

Blog Archive