Wednesday, March 11, 2015

Ditemukan Harta Karun Zaman Raja Alexander Agung Di Israel

Ditemukan Harta Karun Zaman Raja Alexander Agung Di Israel
Seorang penjelajah goa amatir menemukan harta karun dari zaman Raja Alexander Agung di Yunani, tersembunyi di sebuah goa di wilayah utara Israel.

Hen Zakai, tengah menjelajah goa yang terkenal atas keindahan stalaktitnya bersama dengan ayah dan teman-temannya yang tergabung dalam Kelompok Penjelajah Goa Israel, ketika ia melihat benda berwarna keperakan di salah satu sudut goa.

Ketika ia mendekatinya ia melihat dua koin logam di sudut goa, seperti sengaja disembunyikan oleh yang empunya.

Dikutip dari CNN, Selasa (10/3/2015), koin itu ditafsir berusia sekitar 2 ribu tahun, dimana dicetak pada masa pemerintahan Raja Alexander Agung, yang menaklukkan wilayah tersebut pada akhir abad keempat SM.

Di satu sisi dari koin tersebut terdapat gambar dari Alexander Agung, sementara di sisi lainnya terdapat gambar dari dewa Yunani, Zeus tengah duduk di singgasananya, dengan lengan terangkat.

"Kami melihat foto-foto dari beberapa item yang ditemukan di gua," kata Eitan Klein, Wakil Direktur Unit Pencegahan Pencurian Barang Antik Israel. "Dan kami memahami bahwa kita berbicara tentang sesuatu yang sangat, sangat unik," ujarnya.

Selain koin perak, para penjelajah juga menemukan beberapa potong perhiasan perak, termasuk cincin, gelang dan anting-anting. Seluruhnya diperkirakan berada di dalam sebuah kantung kain.

"Barang-barang berharga ini mungkin telah disembunyikan di gua oleh penduduk setempat yang melarikan diri di sana selama periode kerusuhan pemerintah setelah kematian Alexander, ketika Perang Diadokhoi pecah di Israel antara ahli waris Alexander menyusul kematiannya," kata Otoritas Barang Antik Israel.

"Agaknya, barang-barang itu disembunyikan dengan harapan akan datang hari yang lebih baik, tetapi hari ini kita tahu bahwa siapa pun yang menyimpan harta karun tersebut tidak pernah kembali untuk mengambilnya."

Blog Archive