Thursday, February 12, 2015

Beda Pizza yang Ada di Indonesia dengan Pizza Asli Italia

Beda Pizza yang Ada di Indonesia dengan Pizza Asli Italia

izza, penganan berbentuk lingkaran dengan beragam topping, dikenal sebagai makanan asli Italia. Meski begitu, pizza pertama yang masuk Indonesia justru berasal dari Amerika, bukan dari negara aslinya, Italia.

Ketua Umum Indonesian Chef Association Perwakilan Jakarta, Setiyanto mengatakan, pizza pertama kali masuk Indonesia di akhir abad ke-20, yang dibawa oleh salah satu restoran pizza ternama dan tertua di Indonesia, yang berasal dari Amerika.

“Sebenarnya pizza Amerika sudah mau masuk (Indonesia) dari dulu. Tapi karena pas Soekarno Indonesia anti Amerika, (pizza) enggak bisa masuk. Baru setelah masa Soeharto bisa masuk,” ujar Setiyanto kepada CNN Indonesia, Kamis (12/2).

Lantas apa bedanya pizza asli Italia dan pizza yang ada di Indonesia?

Chef Setiyanto mengatakan, karakteristik kedua pizza itu sangat berbeda. Ada dua perbedaan mendasar, pertama dari sisi adonan dan kedua adalah topping/filling.

"Pizza Amerika adonannya tebal. Sementara untuk pizza Italia adonan atau layernya itu tipis sekali," kata Setiyanto.

Perbedaan ketebalan ini membuat tekstur dari kedua pizza itu berbeda. Pizza Amerika memiliki layer yang empuk seperti roti, sementara pizza Italia teksturnya renyah.

"Kalau Italia filling-nya tebal, kalau Amerika filling-nya tipis," ujar Setiyanto. Selain itu, Setiyanto menambahkan filling pizza Italia lebih spesifik sedangkan pizza Amerika fillingnya campuran.

"Pizza Italia kalau cheese pizza ya isinya hanya cheese. Kalau sosis, ya sosis semua," imbuhnya. Berbeda dengan pizza Amerika yang mencampurkan beberapa bahan dalam satu pizza, meski dalam menunya hanya tertulis pizza daging sapi.

"Amerika enggak spesifik, tapi mixed up. Biasanya dia campuran. Ada sosis, ada beef, ada cheese, semua dicampur. Cheese-nya juga campur-campur."

Blog Archive