Monday, February 23, 2015

Kini Malware Dapat Menyerang Ketika Smartphone Dinonaktifkan

Sebuah badan peneliti keamanan cybe ternama yaitu AVG mengungkapkan sebuah laporan mengenai keberadaan sebuah program berbahaya yang dapat mematikan perangkat Smartphone milik pengguna dan membuat program jahat atau Malware tersebut berjalan di background saat layar mati atau menghitam.

Malware yang satu ini dapat menipu korbannya agar mematikan layar perangkatnya dengan cara menampilkan sebuah program kotak dialog shutdown palsu dan meminta pengguna untuk menekannya. Setalah layar perangkat mati pada saat itulah Malware tersebut mulai bekerja pada background tanpa sepengetahuan pengguna perangkat tersebut.

Kini Malware Dapat Menyerang Ketika Smartphone Dinonaktifkan
“Meski layar telah hitam atau mati perangkat ponsel ini dapat melakukan panggilan keluar, mengambil gambar, dan melakukan banyak tugas lainnya tanpa ada pemberitahuan apapun,” ungkap salah satu pihak dari perusahaan keamanan digital AVG yang melaporkan keberadaan Malware tersebut.

Bahkan pada beberapa kasus, Malware ini dapat bekerja secara otomatis ketika targetnya menekan tombol power-off pada perangkatnya. Maka disarankan jika anda hendak mematikan perangkat alangkah baiknya jika sesekali anda juga mencabut baterai perangkat tersebut setelah perangkat Smartphone dalam kondisi mati. Cara ini akan dapat langsung menonaktifkan sistem di Android secara keseluruhan hingga perangkat tersebut dinyalakan kembali. Namun bagi pemilik perangkat Smartphone dengan casing unibodi nampaknya cara ini tidak berlaku.

AVG pun memberikan sebuah peringatan lebih bagi para pengguna yang melakukan Rooting pada sistem perangkatnya, Malware ini akan dapat bekerja dengan baik pada perangkat Android yang sudah dalam kondisi “root”. Karena Malware ini membutuhkan akses root untuk dapat masuk ke bagian sistem Android terdalam pada perangkat Smartphone.

Sumber : http://kliknklik.com/blogs/kini-malw...dinonaktifkan/

Blog Archive