Monday, April 13, 2015

Emas LLG Awal Pekan Bergerak Melemah, Dollar AS Tetap Kuat

Emas LLG Awal Pekan Bergerak Melemah, Dollar AS Tetap Kuat


Harga emas LLG pada perdagangan sesi Asia hari ini bergerak melemah setelah dibuka menguat dari perdagangan akhir pekan lalu. Pekan lalu emas ditutup menguat oleh pergerakan teknikal meski dollar AS juga sedang menguat terhadap major currencies.

Pekan lalu secara mingguan emas alami pelemahan setelah diawal perdagangan sempat mendaki pasca data tenaga kerja AS yang buruk dan menekan kurs dollar AS. Namun dollar AS kembali menguat setelah MOM rapat the FEd bulan lalu dirilis dan rally hingga akhir pekan lalu. Penguatan dollar didorong oleh rencana the Fed yang akan menaikkan suku bunganya bertahap diperkirakan akan mulai dilakukan bulan Juni ini.

Namun pekan lalu emas spot berhasil ditutup menguat signifikan dalam perdagangan akhir pekan sesi AS yang berada pada posisi 1206,55 dollar per troy ons. Harga logam mulia ini mengalami penguatan tajam sebesar 1,15 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1202,15 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka Comex akhir pekan lalu juga terpantau menguat, khususnya untuk kontrak berjangka bulan Agustus 2015 yang menguat 1,22 persen atau naik 14,60 dollar menjadi US$1205,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan mengalami penurunan. Pergerakan harga logam mulia berpotensi untuk melemah disebabkan penguatan nilai tukar dollar AS yang kembali terjadi.

Dan pada perdagangan hari ini harga emas diprediksi akan turun menuju level 1199.50 pada MA 11 dan MA 5 Weekly, namun jika berbalik arah akan bergerak naik ke level 1212.50 pada MA 20 hingga level 1218.50 pada bolinger atas 5 Weekly.

Blog Archive