Sunday, April 12, 2015

Satu Lagi Bahaya Rokok

Welcome To My Thread

klikdokter.com - Merokok telah menjadi hal yang sangat umum dan meluas di masyarakat. Meski telah terbukti menyebabkan berbagai kondisi patologis, kebiasaan tersebut masih sulit untuk dihilangkan. Padahal, merokok tidak hanya buruk untuk paru-paru, tetapi juga kesehatan rongga mulut kita.

Beberapa efek pada rongga mulut yang disebabkan oleh rokok pun beragam, antara lain radang gusi, penyakit periodontal, kariesakar, kehilangan tulang alveolar, gigi goyang, dan gigi tanggal.

Lalu, bagaimana bisa merokok dapat mengakibatkan penyakit gusi?

Bakteri Porphyromonas gingivalis, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, dan Prevotella intermedia adalah bakteri yang sering dijumpai pada rongga mulut perokok. Bakteri ini menyebabkan plak pada gigi yang bila disertai perawatan mulut yang buruk dan terakumulasi dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan inflamasi atau peradangan pada gusi. Peradangan ini terjadi karena salah satu zat yang ada pada rokok, nikotin, menyebabkan sistem imun tubuh menjadi lemah sehingga perlawanan terhadap bakteri menjadi berkurang. bahaya rokok untuk gigi


Sumber: http://klikdokter.com/rubrikspesiali...kesehatan-gigi


Semoga Bermanfaat :peace::peace:

Blog Archive