Sunday, February 8, 2015

Hindari Mengecek Facebook di Pagi Hari

Mengecek media sosial sesaat setelah bangun tidur seakan sudah menjadi ritual wajib bagi sebagian orang saat ini. Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut bukanlah sebuah aktivitas yang produktif?

Bercengkrama dengan media sosial via perangkat mobile seperti smartphone atau tablet memang terkadang mengasyikkan. Namun, saking asyiknya mengecek lini masa media sosial di pagi hari -- baik itu saat baru bangun tidur atau ketika baru tiba di kantor -- tanpa sadar sudah membuang banyak waktu Anda.

Menurut Profesor Dan Ariely, pakar psikologi dan perilaku ekonomi di Duke University, North Carolina, AS, kebiasaan mengecek media sosial di pagi hari hingga lupa waktu ini memang kerap dilakukan oleh banyak orang.

"Salah satu kesalahan paling menyedihkan dalam manajemen waktu adalah kecenderungan orang menghabiskan dua jam paling produktif mereka dengan melakukan hal yang tidak memerlukan kapasitas kognitif tinggi, seperti mengecek media sosial," ujar Profesor Ariely seperti dilansir Health.com.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pada dasarnya pagi hari adalah waktu dimana Anda dapat sangat produktif. Adapun dua jam setelah bangun pagi adalah periode emas produktivitas Anda sehari-hari.

Ia pun menyarankan, ketimbang mengecek semua lini masa media sosial Anda, buatlah daftar hal-hal yang harus Anda lakukan di hari itu. Saat baru tiba di meja kerja Anda di kantor, cobalah untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan Anda yang dianggap paling sulit.

Jika Anda sulit beraktivitas pada pagi hari, Anda bisa menyeduh kopi terlebih dahulu. Setelah kafein mulai bekerja di dalam tubuh, mulailah bekerja.

"Singkirkanlah media sosial untuk sementara waktu dan selesaikanlah apa yang menjadi pekerjaan Anda. Jika tidak, Anda akan terus-menerus pulang larut malam," jelas Profesor Ariely.

Sumber

Ane udah agak bosen sih facebookan, untungnya...

Blog Archive