Tuesday, February 3, 2015

Supreme Kabel Sebagai Saluran Transmisi Tingkat Tinggi

Supreme Kabel tegangan tinggi biasanya dipasang di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Pulau Jawa dengan beberapa pertimbangan yaitu :
•Di tengah kota besar tidak memungkinkan dipasang saluran kabel tegangan tinggi, karena sangat sulit mendapatkan tanah untuk tapak tower.
•Untuk ruang bebas juga sangat sulit dan pasti timbul protes dari masyarakat, karena padat bangunan dan banyak gedung-gedung tinggi.
•Pertimbangan keamanan dan estetika.
•Adanya permintaan dan pertumbuhan beban yang sangat tinggi.


Supreme kabel dilengkapi dengan bahan isolasi yang berfungsi untuk mencegah aliran listrik dari konduktor mengalir ke tanah. Isolasi listrik pada supreme kabel dapat menahan tekanan listrik yang disebabkan oleh tegangan bolak-balik dan tegangan transien tanpa mengalami kegagalan dielektrik yang dapat menyebabkan terjadinya hubungan singkat.
Untuk Jenis supreme kabel tegangan tinggi yang digunakan yaitu supreme kabel yang berisolasi (berbahan) Poly Etheline atau kabel jenis Cross Link Poly Etheline (XLPE). Dan supreme kabel yang isolasinya berbahan kertas yang diperkuat dengan minyak (oil paper impregnated).

Panjang supreme kabel tegangan tinggi pada tiap haspel (cable drum) biasanya maksimum mencapai 300 meter. Untuk desain dan pesanan khusus, misalnya untuk kabel laut, bisa dibuat tanpa sambungan sesuai kebutuhan.

Blog Archive