Wednesday, February 4, 2015

Tragis, Pesawat Jatuh Gara-gara Pilot Sibuk Selfie

Tragis, Pesawat Jatuh Gara-gara Pilot Sibuk Selfie

Selfie sembarangan bisa berakibat fatal. Apalagi jika pelakunya seorang pilot dan sedang menerbangkan pesawat. Ya, kejadian tragis benar-benar terjadi di mana sebuah pesawat jatuh karena pilotnya sibuk memotret diri sendiri.

Peristiwa tersebut terjadi di Denver, Amerika Serikat. Sebuah pesawat jenis Cessna 150 jatuh pada pertengahan tahun 2014 hanya beberapa menit setelah lepas landas. Pilot yang bernama Amritpal Singh tewas bersama seorang pria lain.

Lembaga National Transportation Safety Board pun melakukan investigasi. Salah satu kesimpulan mereka adalah, kemungkinan besar kecelakaan terjadi karena pilot sibuk selfie bersama penumpangnya, bukannya konsentrasi mengendalikan pesawat.

Kesimpulan itu bermula dari ditemukannya kamera GoPro di antara puing-puing pesawat. Di situ ditemukan berbagai foto yang memperlihatkan pilot pesawat senang melakukan selfie dengan smartphone di penerbangan sebelumnya.

"Rekaman di GoPro ini mengungkap kalau pilot dan beberapa penumpang menjepret foto diri mereka dengan ponsel dan pada saat penerbangan malam, menggunakan flash saat lepas landas, saat naik dan di saat terbang," demikian pernyataan NTBS.

Karena tidak ditemukan masalah teknis di pesawat, besar kemungkinan jatuhnya pesawat adalah akibat kesalahan pilot. Dan dalam hal ini, kemungkinan karena pilot itu terganggu konsentrasinya saat melakukan selfie.

"Pemeriksaan pesawat tidak menunjukkan adanya anomali. Berdasarkan distribusi puing-puing, sepertinya pilot mengalami disorientasi dan kehilangan kontrol pesawat tersebut," papar NTBS yang dikutip detikINET dari Indendent, Rabu (4/2/2015).

Pilot meninggal seketika bersama seorang pria yang kemudian teridentifikasi sebagai turis. Sang pilot memang kadang menyewakan pesawatnya bagi mereka yang ingin melihat pemandangan di kota Denver.

Disimpulkan bahwa pesawat mengalami apa yang disebut sebagai aerodynamic stall. Pesawat pun jatuh, hancur, dan kedua penumpang tidak dapat diselamatkan.

"Sepertinya ponsel yang digunakan dalam penerbangan itu mengganggu konsentrasi pilot dan berkontribusi pada terjadinya disorientasi serta hilangnya kontrol," pungkas NTSB. detik.com

Baca Juga:

- Hati-Hati Jika Gambar Tes Ini Membuat Anda Merinding dan Gatal



- Terungkap Misteri Al Quran Raksasa di Sidoarjo

- Heboh!!! Foto Bocah SMP Nyatakan Cinta ke Siswi SD!

- Rambut Nabi Muhammad Dipamerkan di Museum Rusia

- Punya Anak Remaja, 5 Artis Ini Masih Terlihat Seksi

Blog Archive