Saturday, February 21, 2015

HUMANIKA Desak KPK Tangkap Koruptor BLBI - RMOL

HUMANIKA Desak KPK Tangkap Koruptor BLBI - RMOL

Laporan: Ade Mulyana

JAKARTA, RMOL. Sekitar dua ratusan aktivis dari Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA) menggelar unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat siang (30/1/2015). Mereka menuntut KPK mengusut tuntas megaskandal pemberian Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang merugikan negara Rp 600 triliun.

"KPK, segera tangkap para koruptor BLBI seperti Anthony Salim, Sjamsul Nursalim, Usman Admadjaja, Samadikun Hartono dan lain-lainnya," kata Sekjen HUMANIKA, Sya'roni, dalam orasinya.

"Sita seluruh aset milik para koruptor BLBI," sambung dia.

Akhir-akhir ini KPK memang memanggil para saksi untuk dimintai keterangan terkait BLBI. Namun sayangnya, kata Sya'roni, langkah tersebut sangat lelet dan bahkan KPK tidak berani memanggil para koruptor BLBI. Hal ini menimbulkan kesan bahwa KPK hanya berani membongkar korupsi ecek-ecek sementara menghadapi para koruptor BLBI, minder dan tidak berdaya.

"Kami yakin seluruh rakyat akan mendukung total jika KPK berani membongkar BLBI, berani menangkap para koruptor BLBI, dan berani menyita aset koruptor BLBI," tegasnya.

Dalam aksi yang digelar menyambut 100 hari pertama Pemerintahan Jokowi-JK ini, HUMANIKA menilai ketidakberanian KPK membongkar BLBI, katanya lagi, menimbulkan keraguan bahwa KPK melakukan politik tebang pilih, cuma bermain pencitraan, dan memunculkan dugaan bahwa komisioner KPK bermain politik pemberantasan korupsi.

"Sebagai lembaga superbody dalam pemberantasan korupsi, mestinya KPK memprioritaskan megaskandal korupsi BLBI," tukasnya.

Sumber: http://www.rmol.co/read/2015/01/30/1...Koruptor-BLBI-

Blog Archive