Wednesday, February 4, 2015

Mengapa Pipi Memerah saat Malu?

Mengapa Pipi Memerah saat Malu?
Perubahan warna pada pipi memang biasa terjadi pada sebagian orang ketika mereka merasa malu, deg-degan, bahkan saat terkena matahari atau setelah berolahraga. Apa penyebabnya?

Seseorang sedang tersipu-sipu atau malu maka pembuluh darah halus (kapiler) di wajah akan merespon sinyal dari pemancar bernama adenylyl cyclase. Nah, pemancar kimia ini mengakibatkan vasodilasi atau pembuluh darah di wajah melebar dan memungkinkan darah mengalir lebih banyak dari biasanya.

Darah yang mengalir lebih banyak di pipi ini, kemudian menyebabkan warna merah terlihat pada wajah. Hal ini adalah salah satu respon yang tidak biasa dari pembuluh darah vena. Walaupun pipi kamu memerah, tapi bagian tubuh yang lain tidak ikut memerah juga.

Kenapa hanya bagian pipi yang mengalami pelebaran pembuluh darah? Hal ini dikarenakan pembuluh darah pada pipi lebih responsif terhadap hormon adrenalin. Hormon adrenalin ini dikeluarkan tubuh ketika kamu merasa panik, deg-degan, malu, hingga detak jantung meningkat setelah berolahraga dan melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak tenaga.

Selain itu, yang harus diperhatikan oleh Yangmuda, ketika pipi kita memerah juga akan timbul rasa hangat. Nah, ini disebabkan karena jika hormon adrenalin bekerja, suhu tubuh kita juga akan meningkat. Rasa hangat yang terasa pada pipi itu tandanya tubuh kita sedang berusaha mengeluarkan panas dari dalam ke lingkungan luar.

Namun demikian, tidak semua orang yang merasakan pipi merah. Biasanya, yang paling jelas terlihat adalah orang yang memiliki kulit cerah. Ini karena pembuluh darah akan semakin nampak pada kulit, sehingga warna merah pun akan semakin jelas terlihat.

Sebagian orang merasa pipi kemerahan adalah hal yang lucu dan menggemaskan. Tapi ada juga loh yang sampai melakukan operasi karena tidak mau pipinya berwarna merah. Operasi ini disebut dengan endothoracic sympathectomy, yaitu dengan memotong saraf kecil pada tulang wajah yang berfungsi mengendalikan respon merona. Tapi untuk kamu yang sering mengalami pipi merah dan terasa hangat, jangan khawatir. Biasanya warna tersebut akan hilang dengan sendirinya kok.

Blog Archive