Wednesday, February 18, 2015

Siang Jadi Pengemis, Malam Pria Ini Kuliah Jurusan Hukum

Siang Jadi Pengemis, Malam Pria Ini Kuliah Jurusan Hukum
Shiv Singh saat mengemis dan kuliah. (dok Desinema)

Pria berjanggut asal Jiapur, India, ini bernama Shiv Singh. Usianya sudah 48 tahun namun semangatnya untuk belajar tak pernah padam. Shiv adalah seorang mahasiswa di Rajasthan University dan mengambil jurusan Hukum.

Uniknya, meski saat sore ia kuliah, namun saat pagi dan siang, pria ini menjadi pengemis di jalanan Kota Jiapur. Begitu jam di tangan menandakan pukul 3 sore, maka ia segera bergegas memberesi peralatan mengemisnya, kemudian menuju kampus untuk mendapatkan ilmu dari para dosen.

Setiap hari, Shiv membawa PR dan buku-buku ilmu hukumnya di dalam tas, yang ia taruh di samping tempat ia duduk mengemis. Karena jujur mengaku bekerja sebagai pengemis, pihak kampus pun memberinya keringanan biaya setiap semesternya.

Hebatnya, saat mahasiswa lain tampak malas-malasan kuliah, menurut bagian administrasi kampus, pria ini justru sama sekali tidak pernah izin sakit, apalagi bolos kuliah. Menurut mereka, semangat belajar pria ini sangat besar, dan ia disayang oleh dosen-dosennya, demikian dikutip dari laman Desinema.

“Saat ada dosen tak bisa mengajar, kebanyakan mahasiswa akan pulang untuk jalan-jalan ke bioskop. Namun Pak Shiv malah tekun membaca buku di perpustakaan,” ujar salah satu pengurus kampus di wilayah Gangapur itu.

Alasan pria ini menjadi pengemis, karena beberapa tahun lalu ia pernah mengalami kecelakaan, sehingga tangannya sudah tidak berfungsi sempurna. Ia tidak bisa memegang benda terlalu lama, layaknya manusia normal, karenanya untuk menyambung hidup, ia hanya bisa mengemis.

Dulu, sebelum cacat tangan, pria ini memiliki istri dan anak yang lucu. Namun setelah ia tidak bisa lagi bekerja, akibat kecelakaan itu, sang istri pergi meninggalkan Shiv degan membawa anak mereka.

Banyak kawannya di kampus tahu, bahwa di waktu siang pria ini menjadi mengemis. Alih-alih menghina, mereka meresa salut karena uang hasil meminta, Shiv gunakan sebagian untuk membayar uang kuliah.

Berita baiknya, sebentar lagi kuliah Shiv akan selesai, dan ia berharap bisa segera menjadi pengacara di India. Ia mengaku, ingin menolong orang-orang miskin seperti dirinya, yang tersandung masalah hukum namun tak sanggup menyewa pengacara. viva.co.id

Blog Archive