Wednesday, January 14, 2015

Bareskrim Polri Nyatakan Harta Budi Gunawan Sah

Bareskrim Polri Nyatakan Harta Budi Gunawan Sah

Calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan, menjelaskan asal muasal harta kekayaannya yang diduga hasil korupsi. Kata dia, harta yang dimilikinya saat ini telah dinyatakan sah oleh Bareskrim Mabes Polri pada tahun 2010 silam.

Budi pun merasa heran jika hartanya dianggap mencurigakan, terlebih dengan tindakan KPK yang menetapkannya sebagai tersangka.


Pasalnya, sebelum KPK menyelidiki kasus tersebut, Bareskrim telah mengusutnya dan saat itu, Bareskrim menyatakan harta Budi wajar.


"Hasil penyelidikan Bareskrim telah dikirim ke PPATK 18 Juni 2010, disimpulkan sebagai transaksi wajar, tidak melanggar hukum dan tidak terdapat kerugian negara. Transaksi keuangan legal dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum," ujar Budi saat fit and proper test di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/1/2015).


Sehingga, hal tersebut merupakan ketetapan hukum yang sah dan memiliki kekuatan hukum karena dikeluarkan oleh lembaga penegak hukum.


"Polri telah menindaklanjuti masalah dan hal-hal tersebut bukan tidak pernah ditindaklanjuti. Itu merupakan produk hukum yang harus dihargai sebagai kekuatan hukum sah," pungkasnya. okezone.com

Blog Archive