Tuesday, February 3, 2015

Ketua KPK Tegaskan Foto Mesra Mirip Dirinya Hasil Rekayasa

Ketua KPK Tegaskan Foto Mesra Mirip Dirinya Hasil Rekayasa

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi terpilih, Abraham Samad (kanan), saat berkunjung ke Redaksi Harian Kompas di Jakarta, Rabu (7/12/2013).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad membantah keaslian foto-foto mesra yang menggambarkan pria mirip dirinya bersama wanita cantik mirip Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Wirayanti. Ia menyebut foto-foto itu hasil rekayasa.


"Saya pikir itu rekayasa. Dan selama ini banyak orang yang saya ketemu selalu minta foto," kata Abraham melalui pesan singkat, Rabu (14/1/2015).


Foto-foto tersebut beredar di media sosial dan kalangan wartawan. Dalam e-mail yang diterima Kompas.com, ada lampiran berupa biodata Elvira dan tiga gambar lain yang menggambarkan foto pria dan wanita yang mirip dengan dan Elvira.


Abraham menganggap peredaran foto-foto itu sebagai upaya untuk menyerang dan menjatuhkannya. Foto-foto itu beredar satu hari setelah KPK menetapkan calon kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan transaksi mencurigakan atau tidak wajar. Budi merupakan calon tunggal kepala Kepolisian RI yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.


"Kita ingin sampaikan progress report kasus transaksi mencurigakan atau tidak wajar dari pejabat negara. Bahwa perkara tersebut naik ke tahap penyidikan dengan tersangka Komjen BG dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji," ujar Abraham.


Abraham mengatakan, penyelidikan mengenai kasus yang menjerat Budi telah dilakukan sejak Juli 2014. "Berdasarkan penyelidikan yang cukup lama akhirnya KPK menemukan pidana dan menemukan lebih dari dua alat bukti untuk meningkatkan penyelidikan menjadi penyidikan," kata Abraham.


Budi Gunawan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat 2, dan Pasal 11 atau 12 B Undang-undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana. kompas.com

Blog Archive