Wednesday, April 15, 2015

Inilah Negara yang Penduduknya Paling Sedikit Beragama di Dunia

Inilah Negara yang Penduduknya Paling Sedikit Beragama di Dunia
Tiongkok ditetapkan menjadi negara yang paling sedikit beragama di seluruh dunia, dengan jumlah masyarakat yang tidak menganut agama dua kali dibandingkan negara lainnya.

Seperti dikutip dari Shanghaiist.com, jumlah masyarakat Tiongkok yang tidak menganut agama atau atheis, berjumlah 61 persen dari total populasi penduduk. Sementara jumlah penganut agama di Tiongkok hanya berjumlah tujuh persen dari total populasi penduduk.

Negara kedua dengan jumlah penduduk yang tak terafiliasi dengan suatu agama tertentu adalah Hong Kong, dengan jumlah atheist 34 persen dari total populasi penduduk, diikuti oleh Jepang yang berjumlah 31 persen dari total populasi penduduk.

Sebaliknya negara yang paling relligius di dunia adalah Thailand, dengan jumlah penduduk yang mengaku penganut agama berjumlah 94 persen dari total populasi penduduk, diikuti oleh Armenia, Bangladesh, Georgia, dan Marocco dengan jumlah 93 persen dari total populasi penduduk. Hal itu diketahui berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh Win/Gallup International di 65 negara di dunia.

Jajak pendapat, yang ditujukan untuk mengeksplorasi keyakinan agama 63.898 orang di dunia pada akhir tahun lalu tersebut, menemukan bahwa 63 persen warga di seluruh dunia religius, 22 persen tidak dan 11 persen menyatakan dirinya sebagai atheis.

Jajak pendapat juga melihat hubungan antara jenis kelamin, usia, pendapatan dan pendidikan dengan keyakinan agama seseorang.

Survei menyatakan bahwa orang yang berusia di bawah 34 cenderung lebih religius, seperti halnya mereka yang tidak memiliki pendidikan formal (tapi orang-orang religius merupakan mayoritas di semua tingkat pendidikan).

Meski demikian para ahli memprediksi bahwa Tiongkok dengan jumlah penduduk 1,35 miliar orang, tetap berada di jalan menjadi "negara Nasrani terbesar di dunia". Total penduduk Tiongkok yang menganut agama Nasrani di negara itu diperkirakan akan melebihi 247 juta dalam 15 tahun ke depan, menurut Fenggang Yang, seorang Profesor Sosiologi di Purdue University. Sementara itu, Tiongkok memiliki populasi penganut agama Buddha terbesar di dunia dengan perkiraan 244 juta, atau 18,2 persen dari total penduduk.

Blog Archive