Monday, February 23, 2015

Fenomena jasa 'Ghostbusters' ala Indonesia

Fenomena jasa 'Ghostbusters' ala Indonesia


Jasa memburu hantu, makhluk gaib atau dalam bahasa kerennya disebut makhluk Astral, kini menjadi ladang bisnis baru. Seperti bunyi peribahasa lama: Ada Gula, Ada Semut. Artinya, di mana ada tempat menguntungkan, maka di situlah orang akan berduyun-duyun datang bertumpu, bahkan untuk urusan hantu sekalipun.


Sejauh ini belum ada catatan sejak kapan bisnis perburuan hantu muncul. Namun rata-rata eksistensi jasa para 'Ghostbusters' itu sudah muncul kira-kira lima tahun terakhir ini. Bahkan salah satu stasiun televisi swasta nasional sampai mengangkatnya menjadi reality show tengah malam yang sempat populer, acara Tim Pemburu Hantu.

Jangan dibayangkan aksi para pemburu hantu versi Indonesia ini menggunakan alat-alat canggih seperti film komedi supranatural Amerika Serikat, Ghostbusters yang populer pada 1984, kemudian sekuelnya pada 1989. Para pemburu hantu Indonesia ini menggunakan olah energi tubuh plus doa-doa untuk mengusir makhluk astral tersebut. Bahkan cara perburuan bisa dilakukan dari jarak jauh dan tidak harus mendatangi lokasi.

"Metode yang dipakai dengan mengerahkan energi. Tapi lebih dulu kita pakai cara persuasif, komunikasi baik-baik lebih dulu. Kalau tidak bisa, kalau perlu pengusiran kita lakukan, dengan doa-doa dan mengirim energi," kata Hafiss Anwar, salah satu pemburu hantu yang berkantor di Ciracas, Jakarta Timur, kepada merdeka.com, Sabtu (21/02).

Hafiss mengaku sudah lima tahun ini dia menggeluti bisnis pengusiran hantu. Bersama lima rekannya, dia menerima orderan dari dalam sampai luar negeri. Untuk mempromosikan bisnis jasanya itu, dia sampai membuat situs khusus penawaran jasa di internet. Namun demikian, dalam sebulan dia hanya mematok tiga orderan saja, mengingat terbatasnya tenaga.

Untuk tarif, Hafiss mematok antara Rp 1 hingga 10 juta untuk sekali penanganan. Besar kecilnya tarif dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dan resiko, termasuk besar dan kecilnya rumah yang akan ditangani. Dia mencontohkan, untuk gangguan makhluk astral yang menetap lama penanganannya lebih mudah ketimbang makhluk kiriman, termasuk santet. "Makhluk seperti itu kan kadang gampang, kadang sulit dibersihkan," ujarnya.

Dari penelusuran merdeka.com, memang banyak situs jasa pengusiran hantu ini dengan rupa-rupa keahlian dan janji. Salah satunya situs Paranormal Indonesia. Dalam laman situs itu diunggah foto-foto seram, misalnya bangunan-bangunan tua berhantu, hingga foto-foto aksi seorang paranormal sedang menangani pasiennya.
Di laman pembuka situs tadi, juga diunggah beberapa tulisan promosi untuk meyakinkan pembaca, misalnya berbunyi begini: "Kami selaku Jasa Paranormal, mempersiapkan 'team pemburu hantu' untuk membersihkan rumah anda dari berbagai gangguan jin dan fenomena alam gaib lainnya."


Di sana juga disertakan lengkap nama sang dukun dan nomor kontak yang bisa dihubungi bagi para peminatnya. Situs jasa pemburu hantu ini juga menyertakan alamat kantor, mulai berkantor di Jakarta sampai daerah-daerah. Misalnya situs Paranormal Indonesia tersebut yang menulis alamat tinggal di Kalimantan.


Berbeda lagi dengan metode yang ditawarkan sebuah klinik terapi jiwa di Yogyakarta. Dalam laman situs jasa pemburu hantu, mereka mengaku memakai energi spiritual Nusantara. Di laman pembuka tertulis jasa pembersih hantu atau jasa pembersihan energi negatif. Namun, mereka mengklaim bisa menangani hantu dari segala penjuru dunia.

Secara khusus laman situs klinik jiwa itu menawarkan pembersihan hantu di berbagai macam hunian. Mulai dari tempat tinggal, usaha, hotel hingga gedung perkantoran. Dalam lamannya lengkap disertakan pin Blackberry dan akun Whatsup. Namun pengelola situs itu menawarkan metode yang lebih mengedepankan logika tanpa embel embel dunia mistis.

"Jangan ragu untuk menghubungi kami karena kami berpengalaman dalam menangani kasus-kasus seperti di atas dengan menggunakan metode yang efektif dan lebih rasional tanpa menggunakan kemenyan, dupa, minyak dan peralatan klenik lainnya dan akan kami proteksi seluruh tempat dan penghuni agar tidak kembali sehingga aman dan nyaman," demikian bunyi promosi di laman itu.

Dengan fasilitas informasi seperti itu, kini para pemburu hantu bisa menjaring para pelanggan lebih mudah. Calon pengguna jasa tak perlu lagi mendatangi dukun atau paranormal ke tempat praktiknya bila mengalami gangguan makhluk halus. Berbagai situs dan laman blog sudah menyuguhkan jasa pengusiran makhluk halus di dunia maya. merdeka.com

Blog Archive