Sunday, February 22, 2015

Segera Cetak File Digital Anda, Sebelum Masuk Era Kegelapan

Vint Cerf yang dikenal sebagai “Bapak Internet” angkat bicara soal perkembangan teknologi data di erea Internet kini. Menurutnya, manusia perlu mengamankan data digital untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Dilansir Telegraph, Cerf mengatakan penyimpanan data digital suatu saat pasti akan mengalami gangguan. Apalagi, menurutnya, di masa yang akan datang mode penyimpanan akan terus berubah sesuai perkembangan zaman.

Cerf bahkan memprediksi akan datangnya era kegelapan. Di masa itu, data-data digital akan hilang dan tak bisa dilacak. Ini akibat dari ketergantungan manusia kepada Internet yang sudah terlalu berlebihan,

Menurutnya, jika prediksi ini tepat, maka generasi masa depan akan kesulitan untuk mengetahui tentang masa kini karena teknologi berkembang dengan cepat sehingga file lama kemungkinan tidak lagi bisa diakses.

“Jika kita tidak menemukan solusi, generasi mendatang akan sangat kesulitan mengetahui tentang kita. Kita tidak ingin kehidupan digital memudar, jadi kita ingin menjaganya dengan cara yang sama seperti menjaga buku dan lainnya. Kita harus memastikan bahwa objek digital yang kita buat bisa bertahan di masa depan,” ungkap Cerf, Kamis (19/2/2015).
Cerf lantas menawarkan sebuah teknologi baru yang memungkinkan file-file di dunia digital dapat diciptakan ulang meskipun telah terhapus.

Untuk saat ini, dia menyarankan kita untuk mencetak dokumen penting dalam bentuk fisik, seperti foto keluarga. Hal ini untuk mencegah agar konten-konten berharga tidak hilang karena kemungkinan tidak kompatibel dengan sistem masa depan.

“Kita mungkin memiliki berbagai format untuk foto dan film digital, format-format itu membutuhkan software yang tepat. Kadang standarisasi yang digunakan untuk objek-objek tersebut hilang dan digantikan dengan alternatif lain. Jadi jika ada gambar yang sangat berharga bagi Anda, maka cetaklah dalam bentuk fisik,” saran Cerf.

Sumber

Buruan....

Blog Archive