Friday, April 10, 2015

Drone Canggih AS Berhasil di Copy Militer Iran

Drone Canggih AS Berhasil di Copy Militer Iran
Militer Iran memamerkan pesawat tanpa awak (drone) buatan mereka yang merupakan hasil tiruan pesawat Amerika Serikat (AS). Drone buatan Iran itu adalah varian dari drone milik AS jenis RQ-170 Sentinel yang ditembak jatuh pada 2011.

Dalam sebuah video yang diunggah kantor berita Tasnim, Pemimpin Besar Iran, Ayatollah Ali Khameini, memuji keberhasilan drone yang dibuat Iran tersebut. Hari ini adalah hari yang sangat baik dan tidak terlupakan bagi saya, demikian ujar Khameini, seperti dikutip Russia Today, Kamis (9/4/2015).

Drone RQ-170 Sentinel, milik AS ditembak jatuh pada Desember 2011 karena memasuki wilayah udara Iran setelah menyelesaikan misi Central Intelligence Agency (CIA) di Afghanistan.

AS menyatakan bahwa drone mereka dilindungi dengan sebuah teknologi yang membuatnya tidak mungkin untuk ditiru. Hal ini disanggah oleh Teheran pada bulan Agustus 2014 dengan menyatakan bahwa mereka telah berhasil merekayasa ulang pesawat tersebut.

Militer Iran bahkan mengklaim drone tiruan mereka lebih baik daripada pesawat asli buatan AS yang mereka tiru.

Drone buatan Iran lebih ringan, lebih irit bahan bakar kecepatannya telah ditambah dan lama waktu terbangnya telah meningkat karena badannya yang telah dimodifikasi, kata kepala Divisi Ruang Udara dari Garda Revolusi Iran, Jenderal Amir Ali Hajizadeh. Dia menambahkan drone versi Iran ini tidak menggunakan bahan metal sama sekali sehingga menambah kemampuannya untuk tidak terdeteksi oleh radar. Militer Iran telah berencana untuk membuat dua atau tiga buah purwarupa untuk rencana produksi massal tahun depan.

Pentagon menyangsikan klaim Iran ini menyatakan drone itu tidak mungkin menyamai teknologi yang dimiliki AS. Pesawat RQ-170 Sentinel ini dilaporkan bukanlah satu-satunya drone AS yang ditembak jatuh oleh Iran.

Menurut Teheran selama beberapa tahun terakhir mereka telah menembak jatuh beberapa drone AS, termasuk Drone yang didesain Boeing, ScanEagle., yang juga sedang dalam ditiru Iran untuk diproduksi dan digunakan.

Blog Archive