Sunday, April 5, 2015

Meski Wajah Serupa, Gadis Kembar Ini Sikapnya Saling Berlawanan

Meski Wajah Serupa, Gadis Kembar Ini Sikapnya Saling Berlawanan

Taylin dan Katelin Michael adalah kembar identik, di mana keduanya memiliki bentuk tubuh dan wajah yang serupa. Akan tetapi kedua anak berusia sembilan tahun ini hampir selalu melakukan segala hal yang saling berlawanan. Karena itulah keduanya 'cukup mudah' dibedakan.

Apa perbedaan sikap yang mereka lakukan? Kedua gadis cantik itu selalu melambaikan tangan ke ibu mereka dengan tangan yang berlawanan. Jika Taylin melambai dengan tangan kiri, maka saudari kirinya akan menggunakan tangan sebaliknya.

Perbedaan sikap keduanya juga terekam dalam foto. Dalam puluhan foto kedua gadis kecil berambut panjang yang menghiasi tempat tinggal mereka bersama kedua orang tuanya di Swansea, South Wales, itu terlihat Taylin selalu berdiri di sebelah kiri Katelin, adiknya. Saat mereka menari, berolahraga, dan segala aktivitas bersama yang mereka lakukan, Taylin akan selalu ada di sebelah kiri Katelin.

Para ahli menyebutkan perilaku kembar identik ini berarti tindakan yang asimetris. Satu akan kidal, dan yang lainnya tidak. Hal lain yang memungkinkan seperti tanda lahir yang dimiliki kembar identik berada pada sisi yang berlawanan.

Baca juga: Kembar Identik, Bocah Ini Bisa Merasakan Saudaranya dalam Bahaya
http://health.detik.com/read/2015/02/13/180945/2832733/1301/kembar-identik-bocah-ini-bisa-merasakan-saudaranya-dalam-bahaya

"Kami masih tidak mengetahui pasti terjadinya perilaku yang asimetri ini. Tapi, biasanya mereka yang kembar identik menampilkan sesuatu yang berlawanan seperti memisahkan rambut pada sisi yang berbeda atau tanda lahir di tubuh di tempat yang berbeda," ungkap dr. Kirsten Ward, manajer di Departement of Twin Research di King's College, London, seperti dikutip dari Daily Mail pada Minggu (5/4/2015).

Saat gigi Taylin sebelah kiri bawah copot, ternyata saudari kembarnya juga kehilangan giginya namun pada sisi kanan bawah. Kembar identik itu juga memiliki kepribadian yang berlawanan seperti yang diungkapkan ibu mereka. "Taylin lebih tenang, sedangkan katelin sedikit berantakan," kata sang ibu, Traci.

Rupanya hal ini juga dialami oleh kembar identik Lauren dan Gemma Holden. Mereka memiliki perbedaan kepribadian di mana Lauren lebih menunjukkan sikap feminim sedangkan Gemma berperilaku tomboi. Lauren yang tidak kidal diyakini memiliki sikap yang lebih praktis dan suka berpikir dibandingkan Gemma yang kidal lebih kreatif dan emosional.

Lauren selalu menghindari konflik, sedangkan Gemma selalu ingin berurusan dengan konflik di sekitar mereka. "Saya kadang harus menenangkan Gemma agar tidak selalu berurusan dengan masalah. Tapi kita adalah teman baik walaupun memiliki beberapa perbedaan," kata Lauren.

Baca juga: Bukan Hitungan Menit, Kembar-kembar Ini Lahir Beda Bulan dan Tahun
http://health.detik.com/read/2015/02/12/100120/2830747/1300/bukan-hitungan-menit-kembar-kembar-ini-lahir-beda-bulan-dan-tahun

Diungkapkan oleh konsultan terapis Twins and Multiple Briths Association dan pemilik Twin and Triplet Psychology, Audrey Sandbank kebersamaan kembar identik membuat mereka akan sulit terpisahkan sejak kecil. Audrey menambahkan bahwa belum ada penelitian mengenai perilaku berlawanan yang dimiliki kembar identik.

"Belum ada penelitian yang meneliti tentang perilaku kembar identik yang mungkin memiliki kepribadian yang berbeda, tetapi dari pengalamannya banyak kembar identik yang menunjukkan sikap dan kepribadian yang kontras antara keduanya," kata Audrey. detik.com


Blog Archive