Tuesday, April 14, 2015

Sinergitas Kaum Buruh, Swasta dan Pemerintah

Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) pada (1/5) diharapkan pada tahun ini pun berlangsung kondusif. Problem Tenaga Kerja harus selalu kita pikirkan khususnya oleh seluruh stakeholder dari Perusahaan bekerjasama dengan Pemerintah, Swasta dan Masyarakat kaitannya untuk persiapkan peningkatan kualitas SDM, khususnya para buruh di Republik Indonesia pada umumnya. Karena mau tidak mau tahun 2015 ini Pasar Bebas Ekonomi Asen diberlalukan dan tidak bisa dihindari, kita bersaing dengan mereka yang datang dari Negara Asean.

Antara Perusahaan dan Buruh juga harus selalu harmonis karena dua pihak ini bukan untuk bersaing yang ada harus seiring berjalan, yang ada antara kedua unsur ini terjadi simbiosis mutualisme, ini semua sesuai dengan amanat UU Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan. Peringatan Hari Buruh Internasional ini nanti juga dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk merefleksikan kembali perjuangan dalam meningkatkan kualitas kerja dan mensejahterakan kaum buruh.

Perlu dicermati bersama pula bahwa tantangan sesungguhnya tidak datang dari luar, melainkan datang dari diri para pekerja itu sendiri, khususnya dalam sejauhmana mereka mau mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang tersebut. Oleh karena itu, salah satu langkah penting dalam upaya mempersiapkan tenaga kerja yang optimal adalah peningkatan kualitas kerja. Kaum pekerja atau buruh diharapkan lebih meningkatkan kualitas kerjanya bisa melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan perusahaan atau instansi lain guna meningkatkan skill/kemampuan dalam bekerja.

Kemudian pembangunan ketenagakerjaan tidak hanya terbatas pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan para pekerja, melainkan juga memiliki sejumlah keterkaitan dengan pihak lain, seperti pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Maka, pembangunan ketenagakerjaan harus diatur sedemikian rupa sehingga terpenuhi hak-hak dan perlindungan yang mendasar bagi tenaga kerja dan pekerja/buruh serta pada saat yang bersamaan dapat mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pengembangan dunia usaha.

Sinergitas antara antara kaum buruh dengan sektor swasta yang difasilitator oleh pemerintah, diharapkan pembangunan di Indonesia bisa berjalan lancar. Kaum buruh meningkatkan kualitas kerjanya, sektor swasta mengutamakan kesejahteraan buruh serta pemerintah mengatur perundang-undangan ketenagakerjaan, yang mana hasil sinergitas ini akan berdampak positif bagi perkembangan iklim investasi dan perekonomian Indonesia.

Blog Archive