Monday, February 9, 2015

Cara Menghindari Penyakit Diabetes Melitus

Cara Menghindari Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan istilah untuk penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang melebihi normal. Hal ini berbeda dengan yang dinamakan hiperglikemia, dimana untuk hiperglikemia hanya terjadi peningkatan kadar gula darah dan mungkin tidak membahayakan kesehatan Anda. Namun, jika kadar gula darah Anda sudah dikatakan dalam taraf diabetes melitus, inilah yang perlu Anda waspadai.

Banyak orang yang beranggapan bahwa diabetes melitus sulit untuk dihindari dan ditangani. Namun, sebenarnya, jika ada niat dari dalam diri Anda, meskipun Anda memiliki resiko besar terkena diabetes melitus dilihat dari garis keturunan, Anda pun tetap dapat menghindarinya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga pola hidup Anda dan jika perlu mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat dan inilah yang seringkali orang-orang melalaikannya.

Memang benar, makanan dan kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari memiliki andil besar sebagai penyebab meningkatnya resiko diabetes melitus. Namun, berbeda jika Anda mengetahui langkah yang tepat dalam melakukan aktivitas dan juga mengontrol beberapa makanan. Sebisa mungkin Anda menjaga asupan gula setiap harinya dan perlu anda ketahui bahwa gula bukan hanya berasal dari makanan yang manis saja, tetapi makanan yang kaya akan karbohidrat juga dapat memicu meningkatnya kadar gula darah karena karbohidrat dalam tubuh akan dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana yaitu glukosa.

Ada baiknya jika Anda mengontrol makanan dan juga melakukan olahraga untuk membantu mengubah gula menjadi energi sehingga hal ini dapat menghindari terjadinya penumpukan gula darah.

Nah, itulah uraian menarik yang dapat kami berikan mengenai diabetes melitus. Semoga dapat bermanfaat dan tentunya menambah wawasan Anda seputar penyakit diabetes melitus.

Sumber:
Diabetes melitus

Blog Archive