Tuesday, April 14, 2015

Golkar dan PDIP Diprediksi Hancur Akibat Pembusukan dari Dalam

Pengamat politik CSIS, J Kristiadi mengatakan, jika partai politik tak mampu lakukan regenerasi dan memberikan pendidikan politik yang baik maka akan terjadi creative destruction atau pembusukan dari dalam.

"Sama halnya yang terjadi pada Orde Baru dan Uni Soviet. Tidak lakukan regenerasi, maka akan busuk dan hancur," kata dia dalam diskusi bertajuk "Regernerasi Kepemimpinan Parpol" di Jakarta, Senin (15/12).

Menurutnya, regenerasi dan pendidikan politik sangat penting. Karena muaranya berakhir pada kemampuan partai mewujudkan ksejahteraan dan kedaulatan rakyat.

"Tanpa adanya proses regenerasi dan pendidikan politik tidak akan nyambung kader parpol dan wakil rakyat dengan ksejahteraan rakyat," kata Krisitiadi.

Dikatakan dia, oilgarki yang terjadi pada parpol di Indonesia masih sangat kuat. Proses regenerasi bukan perkara mudah.

"Kalau sudah ada didalam partai, semua terpesona pada glamournya kekuasaan. Jarang ada yang mau tekun rerla tak dikenal karena memberi pelatihan politik dan serius lakukan regenerasi mencari ke daerah tanpa imbalan," ujarnya.

Kristiadi yakin partai-partai yang tak mampu lakukan pendidikan dan regenerasi kepemimpinan tidak akan menjadi partai besar.

"Niat di parpol tidak bisa ditunggu kapan, dorong terus agar ada perbaikan partai karena partai penting untuk generasi kedepan bangsa," demikian Kristiadi.[dem]
http://politik.rmol.co/read/2014/12/...an-dari-Dalam- Aamiin yra...

Blog Archive