Tuesday, April 14, 2015

Sungai Besari di Tiongkok Ini Berubah Menjadi Karpet Hijau Raksasa

Sungai Besari di Tiongkok Ini Berubah Menjadi Karpet Hijau Raksasa
Sebuah pemandangan cantik nampak di sungai kota Huizhou, Tiongkok. Tanaman hijau kecil yang tak terhitung jumlahnya mulai tumbuh dengan cepat di sebuah sungai dan memberikan pemandangan padang rumput yang hijau subur. Jika dilihat dari atas, sungai tersebut tampak seperti sebuah karpet hijau yang terbentang luas.


Kejadian ini ternyata bukan kali pertama sungai tersebut berubah menjadi padang rumput hijau. Sebelumnya, setiap tahun para pejabat pemerintah bingung mengatasi tanaman-tanaman tersebut. Namun untungnya saat ini tanaman tersebut menjadi sebuah berkah tersendiri.

Sungai Besari di Tiongkok Ini Berubah Menjadi Karpet Hijau Raksasa
Tanaman-tanaman kecil ini merupakan tanaman apung yang berkembang sangat cepat di saat tertentu. Dalam kasus kota Huizhou, tanaman ini menguasai permukaan sungai saat musim semi dan panas saat air surut. Pemerintah kota Huizhou telah mengalokasikan dana sekitar USD 320 ribu (Rp 4 miliar) untuk membersihkan tanaman ini dari sungai sebelum mengetahui potensi tanaman tersebut.

Tidak hanya cantik, tanaman ini ternyata bisa menyerap kelebihan nitrogen dan fosfat dalam air sungai. Selimut hijau ini juga mampu menyerap polusi, mencegah perkembangbiakan nyamuk, menekan tingkat penguapan serta menjadi pelindung untuk ikan muda.

Blog Archive