Friday, April 10, 2015

Harga Minyak Mentah Ditutup Menguat Didukung Data Ekonomi Jerman

Harga Minyak Mentah Ditutup Menguat Didukung Data Ekonomi Jerman


Harga minyak mentah pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi mengalami berhasil menguat setelah pada perdagangan sebelumnya ditutup dengan membukukan penurunan tajam (10/4). Harga minyak mentah berakhir naik setelah data ekonomi Jerman menunjukkan kondisi yang mengesankan. Ketidakpastian mengenai kesepakatan nuklir Iran juga memberikan dorongan kenaikan terhadap harga komoditas tersebut.

Harga minyak mentah Brent mengalami peningkatan yang sempat mencapai 2 persen setelah bursa saham Eropa terangkat menguat malam tadi. Data neraca perdagangan dan industrial output di Jerman menunjukkan peningkatan. Sementara itu Yunani dikabarkan akan mulai mencicil pembayaran utangnya kepada IMF.

Hal lain yang menjadi support bagi pergerakan harga minyak adalah pernyataan Teheran yang menyatakan bahwa pihaknya hanya akan menandatangani perjanjian nuklir apabila sanksi ekspor atas negaranya sudah dicabut. Tampaknya jalan untuk mencapai kesepakatan dan pencabutan sanksi terhadap Iran masih cukup jauh.

Harga minyak mentah berjangka jenis WTI untuk kontrak Mei yang merupakan kontrak paling aktif saat ini terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga minyak mentah ditutup menguat sebesar 37 sen atau 0,73 persen dan berakhir pada posisi 50,79 dollar per barel.

Harga minyak mentah Brent juga tampak mengalami kenaikan yang cukup baik di akhir perdagangan kemarin. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 1 dollar menjadi 57,80 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini akan bergerak menguat meskipun di sesi Asia akan cenderung terbatas. Secara fundamental sentiment yang berkembang di pasar minyak mentah masih negatif.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI kontrak April diperkirakan akan mengalami level resistance di 52,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 54,00 dollar. Jika terjadi pergerakan retreat sehingga harga melemah support akan ditemui pada posisi 49,00 dollar dan 48,00 dollar.

Blog Archive