Friday, April 17, 2015

Ladang Minyak Yaman Dikuasai Teroris, Harga Minyak Lanjut Rally

Ladang Minyak Yaman Dikuasai Teroris, Harga Minyak Lanjut Rally


Harga minyak mentah pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi (17/4) mengalami kenaikan yang cukup signifikan melanjutkan rally 4 hari berturut. Harga minyak mentah lanjutkan penguatan pada perdagangan semalam setelah berita dari timur tengah dimana pemberontak Yaman menguasai ladang minyak utama negeri tersebut.

Pemberontak yang merupakan mantan teroris Al Qaeda tersebut menguasai terminal minyak utama di wilayah Hadhramaut, Yaman Selatan, setelah pasukan militer yang melindungi ladang minyak tersebut menarik diri. Ladang minyak ini mengekspor rata-rata 120.000 sampai 140.000 barel per hari minyak mentah.

Atas kejadian tersebut pasar berekspektasi akan terjadi pengurangan pasokan minyak global, namun sebelumnya harga minyak mentah sempat terkoreksi ketika OPEC umumkan produksi minyak mereka melonjak pada bulan Maret yang menambah kelebihan pasokan di pasar meskipun banyak bukti bahwa strategi membiarkan harga anjlok menyusahkan para produsen.

Harga minyak mentah berjangka jenis WTI untuk kontrak Mei yang merupakan kontrak paling aktif saat ini terpantau mengalami kenaikan sebesar 0,61 dollar atau setara dengan 1,1 persen dari perdagangan hari sebelumnya. Harga ditutup pada posisi 56,53 dollar per barel dini hari tadi. Harga komoditas ini telah mengalami penurunan 5,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Harga minyak mentah Brent juga tampak mengalami penurunan di akhir perdagangan kemarin. Harga komoditas tersebut ditutup melemah 73 sen menjadi 64,05 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini akan bergerak melemah. Secara fundamental konflik yang terjadi di Yaman masih lebih kecil pengaruhnya dibandingkan berita dari OPEC tersebut.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI kontrak April diperkirakan akan mengalami level support pada kisaran 53,00 dollar dan 50,00 dollar. Dan jika kembali menguat akan kembali pada kisaran resistance 57,75 dollar. Resistance selanjutnya ada di kisaran 58,30 dollar.

Blog Archive