Thursday, April 16, 2015

Karet Tocom Ikutan Rallynya Harga Minyak Dunia

Karet Tocom Ikutan Rallynya Harga Minyak Dunia


Harga karet Tocom pada perdagangan hari Kamis (15/4) kembali dibuka menguat tipis melanjutkan trend positif perdagangan kemarin yang menguat signifikan akibat penguatan harga minyak mentah. Dan pergerakan kuat harga karet di bursa Jepang ini masih ditopang oleh sentimen menguatnya harga minyak mentah global meskipun Yen juga berhasil rally terhadap dollar.

Harga minyak mentah dalam perdagangan sesi AS kembali ditutup menguat signifikan sebesar 5,35% menjadi 53,08 dolar per barel dan mencetak rekor tertinggi dalam seminggu terakhir dan juga tertinggi sepanjang tahun ini sehingga harga karet juga ikut menguat. Harga minyak naik setelah data penambahan pasokan minyak AS berkurang dibawah ekspektasi.

Harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo pagi ini dibuka menguat tipis khususnya untuk kontrak September yang naik sebesar 0,2 yen atau setara dengan 0,1 persen menjadi 199 yen per kilogram. Saat ini harga Tocom masih terpantau di level 199 yen per kilogram masih bergerak pada kisaran 199,5 198,9 yen per kilogram.

Sementara itu perdagangan karet bursa berjangka Shanghai berhasil rebound setelah perdagangan sebelumnya ditutup melemah oleh buruknya data ekonomi Tiongkok. Harga karet untuk kontrak September saat ini terpantau menguat 0,39% menjadi 12560 dari sebelumnya 12510.

Dan hingga akhir perdagangan siang nanti, analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa karet berjangka di Tocom akan terus menguat mengikuti tren harga minyak mentah. Harga komoditas ini akan mengetes level resistence di 199,30 yen dan 199,70 yen. Sementara itu, bila pergerakannya berbalik melemah harga akan menemui support pada level 198,60 yen dan 198,30 yen.

Blog Archive