Wednesday, April 15, 2015

KPI Minta ANTV Kurangi Tayangan Program Asing

TABLOIDBINTANG.COM - SERIAL India yang tayang di ANTV, terbukti telah menaikkan rating dan share stasiun TV nasional tersebut.

Setelah Mahabharata mendapat rating dan share yang bagus, ANTV konsisten menayangkan berbagai judul serial India. Belakangan ANTV menayangkan serial Turki yang juga cukup populer sebagai tayangan malam, Abad Kejayaan. Beberapa TV belakangan ikut menayangkan serial India dan Turki.
KPI rupanya merasa hal tersebut tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Pada 15 April 2015, KPI mengirimkan Peringatan kepada ANTV. Seperti ini isi surat bernomor 418/K/KPI/04/15

"Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai bahwa program-program asing yang ditayangkan oleh ANTV tidak memperhatikan ketentuan tentang Program Siaran Asing sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012. Program-program siaran asing tersebut disiarkan melebihi 40% (empat puluh per seratus) dari waktu siaran per hari (hasil monitoring KPI Pusat tanggal 2 April 2015).

Selain itu, KPI Pusat mencermati bahwa mayoritas program siaran ANTV didominasi oleh 1 (satu) identitas kebudayaan asing tertentu dan hal tersebut tidak sejalan dengan ketentuan Pasal 35 UU Penyiaran bahwa isi siaran harus sesuai dengan arah penyiaran, yaitu memajukan kebudayaan nasional (Pasal 5 huruf j UU Penyiaran).

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan agar melakukan evaluasi internal, mengurangi jumlah durasi siaran program-program asing yang ditayangkan oleh ANTV, dan mengutamakan program siaran yang mempromosikan kebudayaan nasional."
**
Mengapa baru sekarang KPI memberikan peringatan, ya? Apakah akan ada program serial asing yang dipangkas setelah surat peringatan?


http://www.tabloidbintang.com/articl...-program-asing

Blog Archive