Wednesday, April 15, 2015

Warna Pipis Bayi Yang Harus Kita Kenali

Saat kita menjadi orang tua, banyak hal yang harus kita pelajari dan kita juga sebenernya dituntut agar lebih bertanggung jawab dan kritis, terutama sama kesehatan bayi kita loh.

Salah satunya adalah dengan perhatiin warna dari pipis bayi yang mungkin aja ga kita sadari berubah-ubah di setiap popok yang suka kita ganti selama ini.

Warna Pipis Bayi.jpg
Pipis bayi normalnya berwarna kuning jernih ya, ga ada bedanya mau konsumsi ASI ataupun susu formula. Normalnya bayi berumur 0 sampai 3 bulan ataupun diatas 4 bulan warana urinenya adalah sama. Kecuali memang si bayi lagi konsumsi obat atau dapat makanan tambahan.

Nah, perbedaan warna urine bayi ini banyak indikasinya, yang pasti kalau bukan berwarna kuning jernih, artinya urine bayi bunda tidak normal. Berikut ada kutipannya ya perbedaan setiap warna urine yang ga normal yang mungkin pernah terlihat di popok bayi :

Warna urine yang tidak normal

Perubahan warna urine atau disertai juga bau tak sedap menunjukkan bila urine tidak normal diantaranya jika pipis bayi berwarna:

Pink atau merah: kemungkinan terdapat darah dalam urine tersebut atau bisa juga disebabkan karena pewarna makanan.

Oranye: kemungkinan urine berwarna oranye disebabkan mengonsumsi pyridium atau rifampisin.

Coklat atau hitam: kemungkinan terdapat myoglobin, pigment, empedu, mengonsumsi obat metronizadol atau nitrofuratoin.

Biru: kemungkinan terdapat obat methylene blue, infeksi saluran kemih karena pseudomonas (jarang terjadi), penyakit metaboliktriptophan herediter.

Keruh: kemungkinan terdapat infeksi pada saluran kemih.

Kuning tua: kemungkinan oleh karena mengonsumsi vitamin C, Vitamin B, Betakaroten, jeruk atau wortel. Sumber : Ibuhandal Attached Images

Blog Archive