Friday, April 17, 2015

Kostum Batman Nyata Ini Tahan Dibacok dan Dipukul Seperti di Film

Kostum Batman Nyata Ini Tahan Dibacok dan Dipukul Seperti di Film
Seorang mahasiswa di Universitas Philadelphia, Amerika Serikat (AS), berhasil menciptakan kostum Batman yang mampu menangkal pukulan, tendangan, tusukan benda tajam, hingga pukulan pemukul baseball.

Menurut Jackson Gordon (21), mahasiswa desain industri tersebut, ia mulai membangun protipe kostum tersebut di bulan September tahun lalu, dan menghabiskan lebih dari 1000 US Dollar.

"Dari dulu saya merupakan penggemar Batman," ujarnya, seperti dikutip dari Odditycentral, Kamis (16/4/2015). Sama seperti para penemu terkenal di dunia, Gordon harus merasakan jatuh bangun dalam menciptakan kostum batman yang hampir menyerupai aslinya.

Ia harus merasakan kegagalan demi kegagalan hingga ia berhasil menciptakan prototipe yang sesuai di kehendakinya pada percobaan ke 10.

"Sebelum menciptakannya saya setidaknya menciptakan 10 prototipe dari bagian yang berbeda untuk baju itu dan untuk menguji bahan dan pola menjahit," ungkapnya.

"Setelah saya senang dengan hasilnya, saya mulai membuat setelan dengan menggunakan pola yang saya telah putuskan dari prototipe. Saya memotong lapisan kain internal, maka ditambahkan padding busa, maka lapisan kevlar, maka kain abu-abu di atas," ujarnya. Gordon mengatakan bagian yang tersulit untuk dibuat adalah helm.

"Saya membuatnya dengan memotong dan membentuk lembaran PVC sekitar sepasang kacamata hitam dan menambahkan dan pengamplasan pergi putties epoxy yang berbeda dan mengisi untuk menciptakan bentuk. Setelah saya senang dengan bentuk, helm harus dibentuk sehingga potongan akan tahan lama. Saya membuat sebuah kotak dengan dua bagian untuk membungkus helm, kemudian menuangkan silikon cair kedalam kotak untuk membuat cetakan negatif sempurna helm. " Ketika jaket prototipe ketiga akhirnya siap, Gordon mengundang teman asramanya untuk mengujinya dengan beberapa pukulan dan tendangan sementara ia memakai kostum tersebut.

Dia juga mengenakan kostum itu untuk diuji dari dampak tusukan benda tajam . Dan ketika kostum itu terbukti berhasil, ia menghabiskan dua bulan untuk membangun setelan akhir dan helm (seberat 25 kilogram total), yang kemudian diuji menggunakan tes serupa.

Pria yang memiliki sabuk hitam beladiri Kung Fu tersebut, mengatakan dirinya ingin membuat baju tempur yang benar-benar bisa diandalkan dalam pertempuran tanpa menghambat gerakan si pemakainya.

"Meskipun kostum ini memiliki berat sekitar 25 Pon, namun ketika berat itu didistribusikan secara proporsional ke seluruh tubuh anda, maka anda tidak akan meraskaannya. Ini tidak menghambat mobilitas, dan memberikan perlindungan tubuh penuh. Ini relatif nyaman. Mengenakannya akan sedikit hangat tetapi tidak menyebabkan iritasi di tubuh. Ini semacam jas yang dapat berguna dalam banyak bidang," katanya.

Blog Archive