Wednesday, January 28, 2015

Benarkah Akun Social Media Presiden Jokowi Selama Ini Palsu?

Benarkah Akun Social Media Presiden Jokowi Selama Ini Palsu?
Menarik banget nih bahas presiden kita yang sekarang ini, menurut Seskab akun social media yang dimiliki Presiden Jokowi itu bukan miliknya, lah gw jadi bingung itu akun socmed facebook sama twitter verified kok, mas iya facebook sama twitter verified sembarangan?

Kalo menurut FK-ers gimana? Padahal Jokowi udah pernah ketemu Mark Zuckerberg juga kan, masa iya itu bukan akunnya?

VIVA.co.id - Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tidak memiliki atau memegang akun media sosial. Padahal, akun twitter @jokowi_do2 telah mendapatkan tanda verified sebagai milik Jokowi.

"Presiden tidak memiliki atau memegang akun apapun baik itu Twitter atau facebook," kata Andi di Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.

Menurutnya, informasi terkait kegiatan Presiden secara resmi disampaikan melalui situs sekretariat negara dan sekretariat kabinet.

"Dari pihak istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan presiden itu di Setneg/Setkab," ujarnya.

Andi menegaskan, sejumlah akun yang mengatasnamakan Jokowi maupun Iriana di media sosial bukanlah milik dua orang itu. "Opini juga bukan. T‎ermasuk Ibu Iriana juga bukan," ujarnya.

Meski begitu, kata Andi, keberadaan akun-akun tersebut sejauh ini tidak merugikan sehingga tidak perlu diramaikan.

"Tidak ada larangan juga‎, sejauh ini tidak ada pernyataan dari pemilik akun itu bahwa mempresentasikan presiden," ujarnya. Padahal dulu waktu 2012, Jokowi bilang handle sendiri akun socmed nya. ya walaupun kesibukan sekarang pasti dia punya admin socmed, ga mungkin juga dipegang sendiri. Tapi yang jadi poin itu akun socmed masa bisa dibilang bukan punya dia?

Jokowi Bilang Akun FB dan Twitter Dipegangnya Sendiri, Siapa Sesungguhnya yang Berbohong?

Masalah akun Facebook dan twitter sang presiden nampaknya semakin membingungkan. Setelah politisi PDIP Aria Bima mengatakan bahwa akun twitter (@jokowi_do2) dan Facebook (Joko Widodo) hanya dikelola oleh tim sukses saat masa kampanye, dan bukan oleh tim resmi kepresidenan, Sekretaris Kabinet pun menyatakan hal yang sama.

Andi memastikan bahwa Jokowi tidak pernah menulis sendiri di akun media sosialnya yang selama ini dilihat oleh publik. Termasuk akun milik Ibu Negara Iriana Jokowi. "Presiden tidak memiliki atau memegang akun apapun baik itu Twitter atau Facebook. Dari pihak Istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan presiden itu di (website) setneg/setkab," kata Seskab Andi Widjajanto saat dikonfirmasi soal keberadaan akun tersebut seperti dilansir dari detik.com.

Namun, saya kemudian menemukan sebuah video di youtube, yakni di sebuah acara Indonesia Young Changemaker Summit di Solo. Yang mana dalam video tersebut Joko Widodo (waktu itu belum jadi presiden) mengatakan dengan jelas dan mempersilahkan hadirin untuk mengetwit akun twitter dan facebooknya yang dikelolanya sendiri, bukan oleh staff. Perhatikan di menit 35.30



Video tersebut memang dibuat di tahun 2012, saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Mungkin, seiring perkembangan waktu, Jokowi lantas menyerahkan pengelolaan akun twitter dan Facebooknya ke staff timses capres, seperti yang dikatakan oleh Aria Bima.

Namun, jika kemudian Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan sang presiden tidak memiliki akun medsos apapun, dan tidak pernah menuliskan status/opini pribadi, tentu hal ini akan semakin membingungkan masyarakat. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian yang serius, karena akun-akun tersebut sudah terlanjur menyebar dan dipercaya masyarakat sebagai akun resmi dan asli dari sang presiden. Bahkan, beberapa kepala negara, maupun tokoh-tokoh masyarakat baik itu dari Indonesia dan luar negeri pun juga banyak yang mengikuti kiriman status dan opini dari kedua akun tersebut.

Sumber Lah yang bener yang mana ini? Seskab nya udah cek ricek dulu belum ya?
Kalo ternyata salah bloon amat ini Seskab.

Blog Archive