Tuesday, March 31, 2015

Anda Mengaku Pengamat SEO? Sudah Tahu Update SEO 2015?

Seperti kita ketahui, Algoritma SEO akan selalu berubah setiap waktu. Mungkin Anda saat ini sudah menemukan formula yang Pas untuk menaikkan page rank Anda. Eits jangan senang dulu, di industri ini, jika Anda tetap berpegang teguh pada cara Anda saat ini, belum tentu bisa sustain, karena seiring perkembangan search engine (Google dan lainnya), maka formula Anda saat ini bisa saja sudah usang. Untuk itu tidak ada salahnya untuk selalu update kabar terbaru seputar SEO.

Untungnya setiap perubahan algoritma SEO yang terjadi tidaklah radikal, tetapi sedikit demi sedikit, jadi kalau Anda selalu update berkala, maka tentunya tidak akan memakan banyak waktu. Tetapi jika Anda tetep kukuh dengan formula jadul Anda, bisa jadi akan butuh waktu dan tenaga yang lebih untuk bisa update ke algoritma yang terbaru. Berikut akan saya sharing disini tentang perkembangan SEO 2015.

Disini akan coba kita bandingkan aturan lama dan aturan baru untuk SEO, agar lebih mudah bagi kita untuk memahami dan bisa langsung mengetahui titik mana dari formula kita sekarang yang perlu diperbaiki.

Berdasarkan sumber yang saya dapat dari Quicksprout (dalam bentuk infografik), berikut penjelasannya:



Mindset
Dulu: Sebelumnya, tujuan utama adalah untuk fokus pada kata kunci dan mendapatkan rangking 1. Setelah itu tantangannya adalah mempertahankan posisi di ranking 1 tentunya.

Sekarang: Lebih fokus pada branding (reputasi merek). Bagaimana orang terlibat dengan merek kita, dan kualitas produk/jasa yang kita tawarkan itu sendiri. Disini kita diarahkan untuk meningkatkan Share & Natural link di internet.

Kata Kunci
Dulu: Fokus pada satu kata kunci utama yang ingin kita kejar. lalu cari kata kunci lagi seputar kata kunci utama tadi yang ingin di naikkan peringkatnya. Intinya fokus pada kata kunci yang itu itu saja.

Sekarang: Sekarang semua bergantung pada apa (keyword) yang orang sering ketikkan di search engine. Jadi, seberapa kreatif kita mengetahui apa yang sedang tren bulan ini akan sangat menentukan. Tidak lagi keyword-keyword umum, bisa jadi keyword-keyword long tail yang lebih baik. :)

Konten
Dulu: Bikin konten website dengan banyak kunci yang tepat (tanpa peduli manfaat konten yang kita buat) akan lebih cepat meningkatkan peringkat konten kita di search engine.

Sekarang: Pasti semua sudah tahu, hal tersebut sudah bisa diatasi oleh algoritma panda dari google. Jadi aturan konten sekarang adalah yang fokus pada relevansi dengan apa yang orang cari dan melibatkan interaksi dengan pengunjung.

Link Building
Dulu: Dalam membangun link kita sering kali Brutal, sedapat mungkin kita menempatkan backlink di semua website direktori, forum, blog, iklan baris, dll untuk meningkatkan reputasi.

Sekarang: Kualitas backlink lebih diutamakan daripada kuantitas, dimana kita dituntut untuk selektif dalam membangun relasi dan backlink dari sumber yang relevan dan mempunyai reputasi baik.

Peran Social Media
Dulu: Usia website, dan reputasi yang baik dimasa lalu bisa mempengaruhi peringkat sebuah website.

Sekarang: Peran social media jauh lebih penting dari 2 hal tadi. Karena berdasarkan penelitian, Pengguna facebook bisa membuat efek viral yang luar biasa dengan saling share konten yang menarik. Kembali lagi di konten. :)

Semoga bermanfaat. :)

sumber >> http://mediabisnisonline.com/anda-me...date-seo-2015/

Blog Archive