Monday, March 30, 2015

Wow, Bayi Ini Memiliki Tanda Lahir Menyerupai Angka 12 Di Kening

Wow, Bayi Ini Memiliki Tanda Lahir Menyerupai Angka 12 Di Kening
Beberapa orang lahir dengan tanda lahir di tubuhnya. Salah satunya adalah bayi bernama Hanru van Niekerk yang lahir di Afrika Selatan ini. Bedanya, tanda lahir bayi ini cukup unik, sebab tanda lahir di keningnya berbentuk angka 12.


Hanru lahir pada 11 November 2014. Jika lahir sehari kemudian alias 12 November tentu akan membuat tanda lahirnya terasa pas benar dengan tanggal lahirnya.

Soal tanda lahir ini, mulanya keluarga bayi tersebut tidak menyadari adanya tanda lahir tersebut. "Adik perempuan saya yang paling kecillah yang pertama kali melihat, di bilang ada angka satu dan dua di keningnya," kata nenek buyut bayi tersebut, Catherine Jooste (70), seperti dikutip dari Northcliff Melville Times dan ditulis pada Senin (30/3/2015).

Menurut dokter, tanda lahir itu bisa menghilang seiring bertambahnya usia bayi tersebut. Selama tanda lahir itu bukan pertanda adanya penyakit, keluarga bayi tersebut sama sekali tidak merasa khawatir.

Dermatolog Patrice Hyde menjelaskan tanda lahir bisa muncul sebelum ataupun sesaat setelah bayi lahir. Patrice menyebut tanda lahir semacam ini sebagai hemangioma. Hemangioma merupakan benjolan yang terbentuk dari mengelompoknya pembuluh darah, baik vena maupun pembuluh darah lainnya. Umumnya berwarna merah atau ungu.

"Pembuluh darah merupakan semacam pipa kecil yang membawa darah ke seluruh tubuh. Tidak ada yang tahu apa penyebab pembuluh darah ini mengelompok bersama. Tapi yang perlu diketahui bahwa kebanyakan tanda lahir bukanlah tanda adanya penyakit atau bisa jadi menyakitkan," ujar Patrice.

Tanda lahir ada yang hilang dengan sendirinya, namun ada pula yang sifatnya menetap. Pada tanda lahir yang menetap biasanya dilakukan pengobatan dengan corticosteroid. Obat ini bisa disuntikkan ataupun diminum. Dengan obat ini, pertumbuhan tanda lahir bisa melambat atau bahkan juga memudar.

Terapi laser juga digunakan untuk menghilangkan tanda lahir. Tanda lahir yang hilang total memang jarang terjadi, karena umumnya hanya akan mengurangi warnanya setelah beberapa kali tindakan.

Cara lain yang juga digunakan untuk menghilangkan tanda lahir adalah dengan operasi. Biasanya operasi dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat.

Blog Archive