Tuesday, March 31, 2015

Spesies Baru, Katak Dengan Kemampuan Luar Biasa

Spesies Baru, Katak Dengan Kemampuan Luar Biasa
Beberapa katak yang menghuni hutan di Ekuador memiliki kemampuan luar biasa untuk mengubah tekstur kulit mereka. Katak unik itu dapat mengubah tekstur kulit runcing mereka menjadi halus hanya dalam beberapa menit.

Dilansir Softpedia, Sabtu (28/3/2015), spesies baru yang ditemukan itu, sekarang dikenal dalam ilmu pengetahuan sebagai Pristimatis mutabilis. Spesies itu awalnya didokumentasikan oleh mahasiswa PhD dan suaminya.

Phys Org memaparkan, Pristimantis mutabilis sejak lama diklaim merupakan satu-satunya amfibi yang mampu mengubah penampilan mereka sedemikian rupa. Saat kembali ke Ecuador Reserva Las Gralarias untuk mempelajari spesies lebih lanjut, peneliti margasatwa mendokumentasikan kemampuan yang sama di spesies lain yang telah dikenal dalam ilmu pengetahuan dengan kata lain Prismatis sobetes.

Kemampuan katak mengubah tekstur kulit mereka diklaim untuk mempertahankan dirinya dari musuh. Pasalnya kulit katak tampak seperti batu, kayu, atau rumput di habitat alami mereka, sehingga membantu mereka tetap aman dari burung dan predator lainnya.

Duri dan warna membantu mereka berbaur dengan habitat berlumut, sehingga sulit bagi pemangsa untuk melihatnya, tutur peneliti Katherine Tim Krynak.

Blog Archive