Friday, February 27, 2015

Inilah Katak Sulawesi yang Menghebohkan Dunia

Inilah Katak Sulawesi yang Menghebohkan Dunia
Mata dunia dikejutkan dengan penemuan katak Indonesia asal Sulawesi yang bisa melahirkan kecebong. Salah satu penemunya adalah pakar herpetologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Djoko Tjahjono Iskandar. Seperti apa bentuk katak tersebut?

"Katak melahirkan kecebong ini memiliki taring. Taringnya kecil. Spesies baru ini satu-satunya di dunia, tidak terbantahkan," ujar Djoko sewaktu ditemui di ruang kerjanya, kampus ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jumat (27/2/2015).

Menurut Djoko, katak Limnonectes larvaepartus ini tidak ditemukan di negara lainnya selain Indonesia. Habitat katak unik tersebut, menurut dia, menyebar di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

"Katak seperti ini sebenarnya mudah dijumpai. Selain di sungai, katak sejenis ini dapat ditemukan di selokan kecil sekitaran pinggiran Manado," ucap pria yang kini berusia 64 tahun tersebut.

Menurut peraih gelar doktor dari Universite Montppellier 2 di Montpellier Perancis tersebut, ukuran tubuh katak Limnonectes larvaepartus ini maksimalnya lima sentimeter. "Kataknya bisa hidup di air, kalau dewasanya di darat," kata Djoko mengungkapkan.

Menurut dia, katak betina spesies baru di dunia ini masuk dalam kelompok berkembang biak dengan cara larvivar. "Larvivar itu telur menetas, tapi berkembangnya berdasarkan kuning telur sebagai sumber makannya. Jadi induk enggak beri makanan tambahan, kalau kelaparan ke luar sendiri. Larvivar ini istilah baru," tutur Djoko. Djoko yang dikenal sebagai herpetolog atau pakar amfibi dan reptil, bekerja sama dengan Ben J Ebans dari Mc Master University di Kanada dan Jimmy A McGuire dari University of California di Berkeley, untuk mengidentifikasi satwa tersebut.

Temuan katak Limnonectes larvaepartus dipublikasikan di jurnal PLOS ONE edisi Rabu 31 Desember 2014.





Sumber: Detik.com

Blog Archive