Friday, February 27, 2015

Mitos 2 Dusun di Sleman dan Pantangan Tidur di Kasur

Mitos 2 Dusun di Sleman dan Pantangan Tidur di Kasur

Tapal batas dusun Kasuran, desa Margomulyo (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)

Di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terdapat 2 dusun di mana warganya pantang tidur di atas kasur. Warganya hanya tidur di dipan atau lantai. Mengapa mereka terbiasa seperti itu?

Dua dusun itu adalah Kasuran Wetan dan Kasuran Kulon. Dusun ini berdekatan, hanya beda desa, dan dapat ditempuh 1 jam perjalanan dari Kota Yogya. Kasuran Kulon masuk wilayah Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, sedangkan Kasuran Wetan masuk wilayah Desa Margomulyo, Seyegan. Meski jauh dari pusat kota, jalanan di dusun tersebut sudah beraspal. Akses ke gang juga dicor semen.

Mata pencaharian warganya bermacam-macam. Ada petani, buruh, wiraswasta, PNS, TNI, Polri dan lain-lain.

Secara turun temurun, warga meyakini jika tidur di kasur, terutama kasur dari kapas, maka akan sakit. Bahkan bisa mati.

Kepala Dusun Kasuran Wetan, Desa Margomulyo, M Noor Shidiq mengatakan, kebiasaan itu berlaku bagi seluruh warga Kasuran, termasuk pendatang. Menurut cerita dari mulut ke mulut, mitos bermula dari pasutri Kiai Kasur dan Nyai Kasur. Keduanya adalah pengikut Pangeran Diponegoro. Sebagaimana diketahui Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825-1830.

Konon, Kiai Kasur ingin tetap ikut Diponegoro, sementara Nyai Kasur melarang. Karena perbedaan pendapat, keduanya pisah ranjang. "Mereka kemudian bersumpah dan kata-kata itu keluar bersamaan, untuk tidak tidur di kasur atau tidur enak sebelum cita-cita Pangeran Diponegoro tercapai," kata M Noor Shidiq di rumahnya, di Dusun Kasuran Wetan, Jumat (27/2/2015).

Sejak sumpah itu, Kiai Kasur dan Nyai Kasur tak pernah tidur di kasur. Mereka hidup terpisah. Jadi lah dusun Kasuran Wetan dan Kasuran Kulon. Keturunan mereka memegang 'sumpah' itu. Hingga saat ini tak ada warga yang tidur di kasur kapas. detik.com

Baca Juga:


Eko Kirim Cece Bom Karena Pernah Memperkosa Anaknya
Ahok Beberkan Perusahaan Pemenang Proyek Pengadaan UPS 2014
Ini Pesan JK untuk Dua Kubu Golkar yang Terpecah
Kapal Tanker yang Dibajak Segera Ditarik dari Davao ke Bitung
Gagal Eksekusi Penalti, Pemain Ini Ditodong Pistol

Blog Archive